Selasa, 23 Juli 2024

KPH Tuban dan Dinas Pertanian Lamongan Sosialisasikan Subsidi Pupuk untuk Petani

Diunggah pada : 5 Juni 2024 11:10:44 54

Jatim Newsroom-  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lamongan mengadakan sosialisasi terkait penyaluran subsidi pupuk bagi petani yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Hijau Lestari di Desa Lembor, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jompong dan petugas penyuluh dari Dinas Pertanian. Sosialisasi ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur yang harus diikuti oleh LMDH Hijau Lestari, yang menerima bantuan subsidi pupuk tahun ini dari Dinas Pertanian.

Kepala Perhutani KPH Tuban, melalui Sardju selaku Kepala BKPH Jompong, Rabu (5/6/2024) menyampaikan dukungan penuh terhadap subsidi pupuk yang diberikan Dinas Pertanian untuk para petani di kawasan hutan. “Harapannya, semoga ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuat masyarakat semakin peduli terhadap kelangsungan hidup tanaman pokok jenis Jati yang berada di wilayah hutan masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Wiwik, petugas penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Lamongan, menjelaskan prosedur yang harus dilalui untuk mendapatkan subsidi pupuk. Ia menekankan bahwa Dinas Pertanian memperhatikan kebutuhan pupuk bagi petani di kawasan hutan dengan syarat mereka turut aktif menjaga kelestarian dan keamanan hutan.

Ketua LMDH Hijau Lestari, Kasmuanam, mengungkapkan rasa syukurnya atas perhatian yang diberikan melalui subsidi pupuk untuk tanaman jagung. Ia berjanji bahwa seluruh anggota LMDH Hijau Lestari akan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan. “Hutan telah menjadi lahan mata pencaharian masyarakat, sehingga semua masyarakat wajib melestarikan hutan, sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian hutan," harapnya. (jal/hjr)

#perhutani