Minggu, 29 Januari 2023

KORMI Tanamkan Semangat Berolahraga menuju Indonesia Bugar 2045

Diunggah pada : 7 Oktober 2022 12:57:57 13
Penggerakan Pembudayaan Aktivitas Fisik pada Kelompok Olahraga dan Penggunaan SIPGAR, di Sidoarjo, Jumat (7/10/2022). Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom – Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) terus menanamkan semangat berolahraga kepada masyarakat untuk menuju Indonesia Bugar di tahun 2045. 

Bersama Kementerian Kesehatan RI, KORMI Nasional yang diketuai Hayono Isman menggelar penggerakan pembudayaan aktivitas fisik pada kelompok olahraga dan penggunaan Sistem Informasi Kebugaran (SIPGAR). 

Untuk di Jawa Timur, kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Sidoarjo dari tanggal 4-7 Oktober 2022. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bersama KORMI Jawa Timur ditunjuk untuk melaksanakannya.

Saat memberikan sambutan di GOR Delta Sidoarjo, Jumat (7/10/2022), Hayono menggarisbawahi pentingnya kegiatan preventif dan promotif kesehatan. “Kalau kegiatan kuratif itu kan pengobatan atau penyembuhan, itu lebih mahal. Jadi lebih baik di kegiatan preventif dengan berolahraga. Apalagi seperti hari ini kita bisa berkumpul untuk menghilangkan stres,” ujarnya.  

Ia pun mengatakan bahwa sehat itu tidak cukup, melainkan juga harus bugar. Apalagi, sekitar 70 persen masyarakat Indonesia yang duduk di bangku SMA/SMK yang dites menggunakan aplikasi SIPGAR tercatat dalam kondisi tidak bugar. 

“Anak cucu kita di SMA/SMK setelah dites SIPGAR itu yang kebugarannya Kurang ada sebanyak 7 persen dan yang Kurang Sekali sebanyak 63 persen. Padahal anak cucu kita juga harus bugar agar bisa produktif dan kompetitif jika harus bersaing dengan bangsa lain,” kata Hayono. 

Senada, Ketua KORMI Jatim, Hudiyono, mengatakan “Sing penting kumpul. Sing penting kekeluargaan. Sing penting Sehat, Bugar, Gembira, Luar Biasa. Semoga kegiatan ini menjadi momen penting untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” tegas Hudiyono. 

Sebagai informasi, ada sebanyak 60 peserta yang dites menggunakan SIPGAR di Sidoarjo ini.  Peserta melaksanakan tes kebugaran rockport dengan aplikasi SIPGAR, kemudian tes kebugaran lari 1,6 km dan tes jalan 6 menit, serta pencatatan dan pemeriksaan fisik post tes kebugaran. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Yayasan Asma Indonesia (YAI) Pusat, Poppy Hayono Isman; Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Sri Andari E; dan Ketua KORMI Kabupaten Sidoarjo, Hadi Sucipto. (idc/n)

#KORMI Jatim #kormi #SIPGAR