Selasa, 23 April 2024

KORMI Kota Malang Gelar Raker, Bahas Anggaran hingga Festival Olahraga

Diunggah pada : 19 Desember 2022 14:58:41 565
Rapat Kerja KORMI Kota Malang, Senin (19/12/2022)

Jatim Newsroom - Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Malang menyelenggarakan rapat kerja dalam rangka melaksanakan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), Senin (19/12/2022), di Kota Malang. 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaki, mengatakan bahwa pendanaan keolahragaan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, badan usaha, dan masyarakat. 

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib mengalokasikan anggaran keolahragaan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

“Perusahaan perseroan terbatas atau badan usaha berperan serta dalam menyediakan dana pengembangan masyarakat sebagai perwujudan dari tanggung jawab sosial terhadap pembinaan keolahragaan,” ujar Baihaki. 

Sementara Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota mengalokasikan anggaran untuk pendanaan keolahragaan dari APBD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan mempertimbangkan target capaian pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional yang menjadi kewenangan pemerintah daerah. 

“Alokasi anggaran sebagaimana dimaksud dapat disalurkan kepada komite olahraga nasional di provinsi dan komite olahraga nasional di kabupaten/kota melalui pemberian hibah yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua V KORMI Jatim, I Wayan Sudarma menerangkan bahwa istilah Induk Organisasi Olahraga (Inorga) hanya untuk pusat, sementara untuk provinsi dan kabupaten/kota adalah Cabang Organisasi Olahraga Masyarakat. 

“Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) berubah nama menjadi Festival Olahraga Rekreasi Provinsi (FORPROV) sedangkan untuk Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) tetap,” sambung Wayan. 

Ketua Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko, menjelaskan mengenai penyamaan persepsi terkait informasi olahraga masyarakat, sekaligus menyampaikan harapan agar KORMI senantiasa membawa spirit Sehat, Bugar, Gembira, dan Luar Biasa untuk masyarakat Kota Malang, Jawa Timur, dan Indonesia. (idc/n)

#KORMI Jatim #FORDA Jatim #Kormi Kota Malang