Sabtu, 22 Juni 2024

Kormi Jatim Siap Kawal Para Atlet Menangkan Fornas VI di Palembang

Diunggah pada : 1 Juli 2022 13:15:38 207
Persiapan Kontingen Kormi Jatim dalam Fornas VI di Palembang

Jatim Newsroom - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang, Sumatera Selatan, akan segera dibuka secara resmi pada malam ini  (1/7/2022). Peserta Fornas VI ini mencapai 12.141 orang. Khusus Jawa Timur, tercatat sebanyak 705 pegiat olahraga yang terdiri dari atlet, official team, dan pelatih. 

Dalam website resmi Kormi Jawa Timur, Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk berpartisipasi dalam Fornas VI. Para atlet dari Jatim pun siap bertanding dan membawa pulang prestasi. 

Ia pun kembali menggarisbawahi bahwa Kormi menitikberatkan pada jenis olahraga yang terukur dan tidak terukur yang merupakan gabungan olahraga dan seni. Ini juga bentuk kepedulian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. 

"Kormi sebagai wadah untuk melayani masyarakat, untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan keolahragaan berbasis masyarakat," ujar Hudiyono yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Di kesempatan terpisah, Wakil II Kormi Jawa Timur Provinsi Jawa Timur, Edi Purwinarto, mengamini pernyataan Hudiyono. Kormi adalah wadah agar masyarakat bisa gemar berolahraga. Pasalnya, budaya olahraga tengah menjadi satu kebutuhan untuk mewujudkan program Indonesia Bugar 2045. 

"Jadi kami berupaya untuk bisa meningkatkan kesehatan masyarakat. Bugar itu bisa dipenuhi dari olahraga," tuturnya saat ditemui hari Jumat siang (1/7/2022) di Palembang. 

Terkait kejuaraan, lanjutnya, memang mengandalkan peran Kormi Kabupaten/Kota. Kormi provinsi berharap agar seluruh 38 kabupaten/kota di Jawa Timur bisa segera membentuk Kormi. 

"Saat ini baru terbentuk 20 Kormi dari total 38 kabupaten/kota di Jatim. Dalam pelaksanaan Fornas VI ini, 20 itu pun ternyata belum bisa semuanya mengikuti," ungkap Edi.  

Ada 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang mengirim delegasi dalam perhelatan Fornas VI ini, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pamekasan, Kota Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Malang. "Tentu kita berharap ke depan bisa terus kita kembangkan, pungkasnya. (idc/s)

#KORMI Jatim #fornas #palembang