Sabtu, 22 Juni 2024

KORMI Jatim Hadiri Pembukaan Kejurnas II Airnesia Save Balida

Diunggah pada : 2 Juli 2022 23:06:16 314
Pembukaan Kejuaraan Nasional II Airnesia Save Balida, di Venue Plaza Barat Stadion Jakabaring Sport City, Sabtu (2/7/2022)

Jatim Newsroom - Wakil Sekretaris I Panitia Pelaksana Pengiriman Kontingen Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Provinsi Jawa Timur, Afandi Budi Saptono menghadiri pembukaan Kejuaraan Nasional II Airnesia Save Balida, di Venue Plaza Barat Stadion Jakabaring Sport City, Sabtu (2/7/2022). 

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Federasi Airsoft Indonesia (FAI), Yanuaris Frans menggelorakan semangat bahwa Airsoft Gun merupakan olahraga bela negara. 

"Bapak-bapak TNI, olahraga ini memang harus kita pertahankan karena menitikberatkan pada bela negara. Kami tekankan, jika Indonesia memerlukan kami, panggil kami, maka di menit selanjutnya kami ada di garis terdepan bersama bapak-bapak TNI sekalian," tegasnya. 

Yanuaris pun menggarisbawahi keunikan lain dari Airsoft Gun. "Di setiap olahraga kita mengenal kejujuran dan sportivitas. Tetapi di dalam olahraga ini, hanya pemain yang bisa menilai kejujuran itu. Artinya, pemain yang mengatakan dia kalah dan dia terkena peluru. Lebih baik kita kalah sebagai ksatria, daripada menang sebagai pecundang," imbuhnya. 

Sebagaimana ditampilkan di laman fai.or.id, FAI dideklarasikan tanggal 21 Januari 2012 di Rindam IV/Diponegoro. Kemudian disahkan pada tanggal 21 Januari 2013 dalam Munas I FAI di Yonif 301/Prabu Kian Santang, dan dinyatakan sebagai cabang induk organisasi olahraga Airsfot Gun di indonesia berdasarkan SKTA- 02/PENGNAS/FORMI/I/2014. 

"Tidak terasa 8 tahun kami bersama KORMI membangun olahraga rekreasi ini di Indonesia. Tidak terasa juga sudah 4 kali mengikuti FORNAS dari Denpasar hingga Palembang ini dan FAI tetap berdiri," ungkap Yanuaris dengan lantang. 

Perkembangan FAI dari yang tadinya hanya ada 8 kemudian di 2020 sudah ada 32 FAI di Indonesia. "Terima kasih kepada KORMI. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI AD, setinggi-tingginya kepada TNI AU, serta sedalam-dalamnya kepada TNI AL," pungkasnya. (idc/s)

#fornas #palembang #kormi #airsoft gun