Selasa, 23 April 2024

KORMI Jatim Gelar FGD di Gresik, Bahas Pembentukan Komite

Diunggah pada : 8 September 2022 15:17:18 133
Dari kiri ke kanan, pengurus organisasi KORMI Jatim Imam Muhammad Ikhwan, wakil ketua dprd kab. Gresik Mujid Riduan, KADIS DISPORAPAREKRAF Gresik Sutaji Rudy, anggota Komisi 2 DPRD Gresik Lilik Hidyati, Kabid PORA (Pemuda dan Olahraga), Akhmad Khusairi. Foto; Rafly.

Jatim Newsroom – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispora Parekraf) Kabupaten Gresik, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) di Ruang Rapat Dispora Parekraf Gresik Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Gresik, Kamis (8/9/2022).

Dengan mengusung tema ‘Peran KORMI sebagai Promotor untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya olahraga, FGD ini dihadiri oleh dewan DPRD Kabupaten Gresik, Kepala serta staf pengurus Dinas (Kadis) Dispora Parekraf, pengurus KORMI, Kabid Pemuda dan Olahraga (PORA), serta para peserta diskusi yang terdiri dari staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik) Kabupaten Gresik, bapak ibu guru olahraga di sekolah – sekolah, dan anggota komunitas olahraga yang masuk dalam komite KORMI. 

Saat diskusi, Kepala Dinas  Kominfo Jatim Hudiyono, yang sekaligus sebagai ketua KORMI Jatim diwakili oleh pengurus organisasi KORMI Jatim, Imam Muhammad Ikhwan, menyampaikan, di kabupaten Gresik sebenarnya sudah ada organisasi olahraga sejak tahun 2000 yang awalnya bernama Federasi Olahraga Masyarakat (FORMI) saat ini berganti nama menjadi KORMI. 

“Jadi di Gresik ini sebetulnya tinggal membangkitkan, dan membutuhkan dukungan dari Dispora agar di tindak lanjuti kegiatan – kegiatan KORMI ini nantinya, karena tahun 2023 kita harus mengikuti FORNAS ke tujuh di Bandung , nanti semua KORMI di Jatim harus mengikuti disana,”ungkap Ikhwan. 

Ikhwan juga menjelaskan tentang visi dan misi KORMI kepada peserta diskusi, yaitu menjadi organisasi keolahragaan Nasional sebagai satu – satunya wadah yang terhimpun dari berbagai induk organisasi olahraga masyarakat yang berstatus mandiri. Untuk misinya terdapat enam poin, yakni pertama, menanamkan gaya hidup sehat dan kegemaran berolahraga masyarakat sejak usia dini secara teratur untuk memenuhi kegembiraan dan kebahagiaan. Kedua, menyebarluaskan olahraga pada segenap masyarakat ke seluruh pelosok tanah air. 

Ketiga, meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat yang inovatif, kreatif, produktif agar budaya guna dan berhasil guna. Keempat, menggali kelestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional yang berbasis nilai – nilai budaya nusantara. Kelima, membangun jejaring, kerjasama dengan berbasis instansi yang terkait dengan pengembangan olahraga masyarakat baik nasional maupun internasional. Dan yang ke enam adalah meningkatkan kapasitas serta kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kreatif. 

Ikhwan menyampaikan, di KORMI Jatim sudah ada sejumlah 34 komunitas olahraga yang masuk ke dalam daftar keanggotaan komite KORMI. Ia berharap agar KORMI dapat didirikan di kabupaten Gresik. Lalu menjadi wadah dan rumah bagi mereka pegiat olahraga rekreasi masyarakat khususnya yang ada di Gresik ini agar dilindungi badan hukum didalamnya. 

“Garis besarnya adalah kita ini punya olahraga non prestasi yang berasal dari olahraga masyarakat dan berkembang di desa – desa, itu kita tampung sehingga nanti diharapkan KORMI ini dapat menjadi rumah bagi mereka khususnya di kabupaten Gresik ini,”ucapnya. 

Menanggapi hal itu, Kepala Dispora Parekraf Kabupaten Gresik, Sutaji Rudy, menerima dan menyampaikan dukungannya kepada KORMI agar bisa segera dibentuk di kabupaten Gresik ini. Ia mengimbau kepada para anggota dewan yang hadir untuk mendukung KORMI dari segi anggarannya nanti. Kemudian, segera dibentuk kepengurusan KORMI di kabupaten Gresik. 

“Harapannya kalau nanti KORMI di Kabupaten Gresik ini sudah dibentuk, dan pengurus – pengurusnya sudah di lantik, nanti kegiatan KORMI bisa terus hidup dan tidak mati. Artinya terus ada kegiatan untuk membangun kegiatan olahraga di cabang hiburan rekreasi masyarakat ini,” tutur Sutaji.

Sedangkan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Mujid Riduan, juga menyampaikan dukungan pembentukan KORMI di Kabupaten Gresik.

“Sebelum anggaran masuk ke Pemda kami harapkan anggaran kegiatan KORMI ini nantinya bisa diselesaikan di dinas ini terlebih dahulu, supaya tidak ada masalah di KORMI ke depannya. Antara kegiatan dan anggaran harus sama – sama jalan supaya dapat terbangun sinergi yang koordinatif nantinya,”kata Mujid.(vin)

#KORMI Jatim