Jumat, 19 April 2024

KORMI Jatim Berpartisipasi dalam Sarasehan Ilmu Keolahragaan “Damailah Sepak Bola Indonesia”

Diunggah pada : 18 Oktober 2022 14:44:31 52
Sarasehan Ilmu Keolahragaan bertajuk “Damailah Sepak Bola Indonesia” di Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Selasa (18/10/2022).

Jatim Newsroom – Mewakili Ketua Komite Olahraga Masyarakat (KORMI) Jawa Timur, Hudiyono, Wakil Ketua V KORMI Jatim, I Wayan Sudarma menghadiri sarasehan Ilmu Keolahragaan bertajuk “Damailah Sepak Bola Indonesia” di Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Selasa (18/10/2022).

“Salah satu yang dibahas dalam sarasehan ini adalah supporter. Apalagi dengan adanya Tragedi Kajuruhan, makanya kita ada diskusi ini,” ungkap Wayan. 

Wayan mengatakan bahwa selain menaungi Induk Organisasi (Inorga), KORMI juga mewadahi masyarakat yang bersifat majemuk. “Jadi kita juga perlu mengetahui karakter-karakter masyarakat, khususnya supporter,” imbuhnya. 

Ia pun meyakini perlu adanya organisasi supporter dan harus ada tokoh yang disegani. “Tadi pak Menpora mengatakan bahwa ada UU 11/2022, di dalamnya ada pasal yang mengatur tentang supporter. Itu perlu ditingkatkan dan perlu ada koordinator supporter. Selain itu, juga perlu ada tokoh maysarakat untuk memberikan wacana atau arahan sebelum menonton supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti di Kanjuruhan,” tegas Wayan. 

Hadir secara daring maupun luring antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali; Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Nurhasan; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur, Pulung Chausar; Sosiolog Universitas Indonesia, Imam B Prasodjo; Tokoh Pendidikan Karakter UNESA, Muchlas Samani; Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim, Ahmad Riyadh; Perwakilan Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia, Agus Kristiyanto; dan Koordinator Supporter Indonesia, Ignatius Indro. (idc/n)

#KORMI Jatim #olahraga #sepak bola