Selasa, 23 Juli 2024

Konjen USA Soroti Potensi Sektor Industri dan Pendidikan di Jawa Timur

Diunggah pada : 6 Juni 2024 22:59:23 46
Kepala Humas Konjen USA, Joshua Shen saat ditemui dalam agenda The 248th Anniversary of The Independence of The USA, di Surabaya, pada Kamis (6/6/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Konsulat Jenderal (Konjen) United States of America (USA) menyoroti potensi hubungan diplomasi terkait potensi sektor industri dan pendidikan di Jawa Timur. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Humas Konjen USA, Joshua Shen saat menghadiri agenda The 248th Anniversary of The Independence of The USA, di Surabaya, pada Kamis (6/6/2024) malam. 

"Kami menyoroti potensi perniagaan sektor industri dan pendidikan di Jawa Timur ini. Kita memiliki perniagaan, melakukan kargo besar di sini, jadi kami mengharapkan lebih banyak perusahaan datang ke sini. Untuk potensi sektor pendidikan kita perlu melakukan lebih banyak, untuk pembelajaran akademik. Kita memiliki spesialis bahasa Inggris, yang siap mengajar dan menulis kurikulum di Provinsi Jawa Timur," tutur Joshua. 

Menurut Joshua, hubungan antara pemerintah USA dengan Indonesia ini semakin kuat. Karena dikatakannya, tahun lalu Presiden Jokowi pergi ke Amerika dan bertemu dengan Presiden Biden. "Mereka menandatangani persetujuan komprehensif strategic partnership yang merupakan agreement khusus terkait sektor lingkungan, energi dan pendidikan. Kita ada keinginan untuk kerja sama dengan Indonesia untuk mengembangkan sektor ekonomi untuk memperkuat ekonomi global," tukasnya. 

Selama 75 tahun hubungan diplomatik antara Amerika dan Indonesia, dikatakan Joshua, terdapat hubungan yang terbentuk dengan nilai yang sama. Terutama demokrasi dan kemanusiaan. "Kita sangat bangga dengan semua orang yang kita temui yang hadir dalam agenda malam ini. Dan kita berharap dapat bertemu lebih banyak orang untuk menjaga hubungan baik antara Indonesia dan USA," tutur Joshua. 

Joshua mengungkapkan, Konjen USA dalam waktu dekat akan mengadakan konferensi untuk menjelajahi dan membantu industri semikonduktor di Jawa Timur. 

"Meski semikonduktor di Indonesia masih baru, tapi kami mungkin bisa mulai ada kerjasama tentang universitas di Amerika, di negara lain dan di Indonesia. Kami punya program untuk mahasiswa-mahasiswa bagi mereka yang ingin berkuliah electrical engineering dan  industri semikonduktor," pungkasnya. (vin/hjr).

#Jawa Timur #Konjen USA #USA

Berita Terkait

Periode Juni 2024
BMKG Pasuruan Laporkan Aktivitas Gempa d...
3 Juli 2024
thumb
Hari Anti Narkotika Internasional 2024
Pj. Gubernur Adhy Pimpin Deklarasi Anti...
26 Juni 2024
thumb
Hari Keamanan Pangan Dunia
Pj. Gubernur Jatim Tekankan Pentingnya I...
21 Juni 2024
thumb