Sabtu, 20 April 2024

Kompetisi Bola Voli Proliga 2023 Diikuti 13 Tim Putra Putri

Diunggah pada : 20 Oktober 2022 16:04:57 2556
Dokumen Foto Gelaran Proliga 2022

Jatim Newsroom - Sebanyak tujuh tim putra dan enam putri akan mengikuti kompetisi bola voli paling akbar di Tanah Air, Kompetisi Proliga 2023, yang dijadwalkan bergulir 5 Januari hingga 19 Maret 2023 di delapan kota.

Dalam rilis yang diterima, Bandung Bank bjb Tandamata, sebagai juara pada Proliga 2022 akan menjadi tuan rumah pembukaan yang rencana dilaksanakan di GOR Sabilulungan, Jalakharupat, Bandung pada 5-8 Januari 2023.

Tujuh klub putra terdiri dari Lavani Bogor, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan pendatang baru, Jakarta Bhayangkara.

Sedangkan enam tim  di bagian putri antara lain Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Pokwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, serta peserta baru, Jakarta BIN O2C.

Tempat pelaksanaan kompetisi bola voli yang telah memasuki tahun ke-21 ini akan digelar di kota-kota Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta untuk babak reguler putaran satu dan dua.

Sedangkan untuk babak empat besar putaran satu dan dua, serta grand final akan dihelat di Gresik, Semarang, dan Solo. Sedangkan grand final di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 18 dan 19 Maret 2023.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengatakan pada musim Proliga 2023 ini, seluruh pertandingan di seluruh tempat pertandingan sudah diperkenankan disaksikan penonton. "Akan tetapi, kita tetap mengikuti aturan dari Pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker," kata Hanny pada pertemuan virtual dengan klub-klub peserta Proliga 2023 yang berlangsung Rabu (19/10/2022).

Menurut dia, peraturan kompetisi tahun ini tidak berbeda dengan Proliga sebelumnya. Semua tim tetap diwajibkan menggunakan minimal satu pemain asing dan maksimal dua pemain. "Semua pemain asing wajib mengurus ITC (Internasional Transfer Certificate) yang dikeluarkan FIVB dan KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara). Sedang pelatih asing hanya mengurus KITAS," tukas Hanny.

Perbedaannya dengan pelaksanaa Proliga sebelumnya, tahun ini total hadiah uang pembinaan meningkat hampir dua kali lipat. Kalau Proliga sebelumnya total hadiah uang pembinaan Rp 1,1 miliar. "Tahun ini uang pembinaan total sebesar Rp 2 miliar," tambahnya.

Seluruh peserta Proliga diwajibkan menyerahkan daftar pemain pada 7 desember 2022.

Seluruh pertandingan Proliga 2023 ini nantinya akan disiarkan secara langsung melalui Moji TV dan vidio.com. (pno/n)

#jawatimur #Proliga