Jumat, 1 Maret 2024

Komite Komunikasi Digital Kabupaten Probolinggo Dikukuhkan

Diunggah pada : 21 Desember 2022 19:11:55 19
Pengukuhan pengurus KKD Kabupaten Probolinggo

Jatim Newsroom - Secara resmi pengurus Komite Komunikasi Digital (KKD) Kabupaten Probolinggo periode tahun 2022-2024 di Probolinggo dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko, Rabu (21/12/2022).

Wabup pun menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Komite Komunikasi Digital (KKD) Kabupaten Probolinggo masa bakti 2022-2024 yang baru dikukuhkan.

“Semoga dengan terbentuknya kepengurusan Komite Komunikasi Digital ini dapat mengakselerasi pencerdasan masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam menerima informasi sehingga tercipta situasi yang kondusif di ruang digital,” katanya.

Wabup Timbul mengaku bersyukur dengan adanya KKD yang tujuannya diharapkan nantinya terjadi keseimbangan informasi dan menjadi wadah pembinaan kepada masyarakat tentang pentingnya berkomunikasi yang baik dan pentingnya mawas diri sehingga tidak menjadi pemecahbelah terhadap bangsa Indonesia serta menjadi pembinaan kepada generasi muda selanjutnya.

“Dengan adanya KKD ini bagaimana kita mencegah agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau sudah terjadi hal yang demikian itu susahnya bukan main untuk mengurai kembali problem-problem sosial yang ada di masyarakat. Oleh karena itu harus dicegah dulu agar tidak sampai terjadi problema sosial yang tidak kita harapkan,” terangnya.

Pengurus KKD ini dikukuhkan sesuai dengan Keputusan Bupati Probolinggo Nomor : 188/1090/426.32/2022 Tentang Komite Komunikasi Digital Kabupaten Probolinggo periode tahun 2022-2024.

Pengukuhan pengurus KKD Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Ketua Umum KKD Provinsi Jawa Timur Arif Rachman, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimka se-Kabupaten Probolinggo, perguruan tinggi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya.

Prosesi pengukuhan pengurus KKD Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) oleh Wabup Timbul kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian selaku Ketua Umum KKD Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penekanan peran KKD oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo. Yakni, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Irfano Rukmana Rachim, Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Subiyantana, Wakapolres Probolinggo Kompol Nur Halim dan Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Czi Slamet Wahyudi.

Ketua Umum KKD Provinsi Jawa Timur Arif Rachman mengungkapkan, dari 277 juta penduduk Indonesia, 185 juta menjadi pengguna media sosial lewat gadget. Hal ini dampak konsumsi informasi yang merubah melalui handphone.

“Kalau media pers semuanya jelas. Wartawan dan kantornya ada serta ada Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Tetapi kalau di media sosial (medsos) tidak ada. Inilah yang menjadi kerawanan sehingga ujaran kebencian dan hoaks membanjiri media sosial sehingga yang dijelek-jelekan bisa semua orang,” ungkapnya.

Dengan adanya KKD ini Arif mengharapkan bisa menjadi jalan baik dan kebenaran untuk mengurangi kebohongan yang bisa merusak masyarakat. Jangan sampai nilai-nilai luhur dihancurkan oleh media sosial.

“Kami ingin semua bisa saling gotong royong supaya persoalan besar bisa diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bergerak maka semua persoalan di media digital bisa terjaga dan terawat,” tegasnya.

Terpisah Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian selaku Ketua Umum KKD Kabupaten Probolinggo mengungkapkan, pada intinya kegiatan KKD ini adalah bagaimana bisa menciptakan ruang digital yang sehat.

“Karena kita tahu bahwa sekarang ini di zaman digital akses informasi begitu cepat dan mudah sedangkan literasinya masih kurang. Jadi nanti bagaimana kita menyeimbangkan kecepatan akses digital dengan literasinya sehingga nanti masyarakat bisa menikmati adanya ruang digital yang sehat,” ungkapnya.(ern/s)

#kabupaten probolinggo