Kamis, 25 Juli 2024

Komisi I DPRD Kab Pasuruan Kunker Ke Diskominfo Prov Jatim

Diunggah pada : 30 Agustus 2022 14:37:04 117
Kunker Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan ke Diskominfo Prov Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I, Agus Suyanto dan diterima oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Fadlil Chusni, di Ruang Anjasmoro, lt, 2.

Agus Suyanto mengatakan tujuan kunjungan kerja ini adalah  untuk mendapatkan informasi tentang ruang lingkup yang ada di Kominfo Jatim sehingga informasi-informasi tentang pemerintahan bisa diterima masyarakat secara rata dan mungkin ada beberapa program yang bisa dikolaborasikan dan dikoneksikan dengan program-program atau aplikasi yang ada di kominfo, dengan harapan masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi. Selanjutnya adalah tentang beberapa aplikasi yang ada di masing-masing lembaga atau di Perangkat Daerah ini yang di centralkan dan bisa diaplikasikan di sistemnya Kominfo sehingga bisa dimanfaatkan lebih efektif dan lebih efisien.

Fadlil Chusni mewakili Kadis Kominfo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih serta selamat datang atas kunjungan anggota Komisi I dan menyampaikan bahwa Diskominfo Jatim mendukung pada misi ke 3 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gubernur dan Wagub Jatim, yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif, terbuka, partisipatoris memperkuat demokrasi kewargaan untuk menghadirkan ruang sosial yang menghargai prinsip kebhinekaan, dengan tujuan ke 6 RPJMD yaitu terwujudnya pemerintahan yang baik dengan sasaran 6.4 RPJMD meningkatkan pemanfaatan TIK.

“Diskominfo juga mempunyai program yang mendukung Nawa Bhati Satya  yaitu Aplikasi  E Goverment untuk mendukung Satu Data (Sata) Jatim melalui pendekatan Big Data untuk mendukung Bhakti – 8 : Jatim Amanah yaitu “penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif dan anti korupsi”, kemudian Kopilaborasi (Ngopi dan Kolaborasi Serap Aspirasi) Bersama Gubernur dan/atau Wakil Gubernur/ Sekda untuk mendukung Bhakti – 9 :  Jatim Harmoni “Menjaga harmoni social dan alam dengan melestarikan kebudayan  dan lingkungan hidup”, serta pembangunan jaringan Backbone Pemprov Jatim tahun 2023  untuk mendukung Nawa Bhakti  Satya – 4 :  Jatim Akses,“ ujar Fadlil Chusni.

“Sedangkan untuk Tahun  2022 ini program prioritas Dinas Kominfo adalah pengembangan Satu Data Jawa Timur berbasis konsep integrasi antar perangkat daerah dan penerapan big-data berbasis kecerdasan buatan. Beberapa website juga dikembangkan oleh Dinas Kominfo yaitu Website jatimprov.go.id (company profile Jatim), Website PPID Jatim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Opendata (Open Data untuk Publik), Esign / Tanda Tangan Elektronik, Mail.jatimprov.go.id (Email Jatimprov), dan Manli atau manajemen Lisensi, “tambah Fadlil Chusni. (yan/n)

#Diskominfo Jatim