Senin, 3 Oktober 2022

Komisi E DPRD Jatim Dorong Lahirnya Kader Entrepreneur Kepariwisataan di Kawasan Bromo

Diunggah pada : 28 Mei 2022 10:11:57 69
Rombongan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur saat mengunjungi lokasi pembangunan SMK Pariwisata di Sukapura Probolinggo. (27/5/2022)

Jatim Newsroom - Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka menindaklanjuti aspirasi masyarakat di Kabupaten Probolinggo. Kunjungan ini terkait tindaklanjut pembangunan SMK Pariwisata di sekitar kawasan wisata Gunung Bromo, lebih tepatnya di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Jum’at dan Sabtu (27-28/5/2022).

Melansir website Pemerintah Kabupaten Probolinggo, turut serta dalam kegiatan yang digelar di Mount View Cottage Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Bappeda Provinsi Jawa Timur, BPBD Provinsi Jawa Timur, Biro Kesra Provinsi Jawa Timur, Biro Hukum Provinsi Jawa Timur dan Tenaga Ahli.

Kedatangan rombongan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur ini disambut oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, didampingi Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Forkopimka Sukapura serta sejumlah kepala desa di Kecamatan Sukapura.

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Hasan Irsyad, mengungkapkan kedatangannya di Kabupaten Probolinggo fokus dalam rangka ingin menindaklanjuti dan ingin pembangunan gedung SMK Pariwisata di eks lahan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di Desa Sapikerep berjalan terus.

“Saat ini SMK Pariwisata ini berada di dua tempat yakni Desa Ngepung dan Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura. Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur berkeinginan agar menjadi satu tempat di Desa Sapikerep,” ujarnya.

Hasan Irsyad menyampaikan, bahwa Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur sangat mendukung dan sangat berharap bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bisa melanjutkan proyek pembangunan gedung SMK Pariwisata saat ini sedang mangkrak karena putus kontrak.

“SMK Pariwisata ini sangat dibutukan oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Sukapura. Keberadaan SMK Pariwisata ini sangat diperlukan dan diharapkan untuk mendukung sektor pariwisata di Kecamatan Sukapura,” terangnya.

Menurut Hasan Irsyad dengan adanya SMK Pariwisata ini Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur menginginkan ada lulusan-lulusan pariwisata yang ada di Kabupaten Probolinggo sehingga ada kader-kader wisata dari siswa dan siswi yang berkaitan dengan kepariwisataan.

“Pembangunan gedung SMK Pariwisata di Desa Sapikerep ini belum sampai 50% mangkrak. Itupun hasilnya Komisi E nilai kurang layak diteruskan. Kita harapkan tahun ini pembangunan gedung SMK Pariwisata ini sudah selesai dan bisa segera dimanfaatkan.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, mengatakan keberadaan SMK Pariwisata ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kecamatan Sukapura dalam rangka untuk mendukung kegiatan pariwisata yang ada di Kecamatan Sukapura.

“Paling tidak diharapkan dari lulusan SMK Pariwisata itu mereka bisa bekerja di sektor pariwisata atau paling tidak mempersiapkan diri untuk menjadi entrepreneur-entrepreneur mandiri yang tidak menunggu harus bekerja di hotel, cafe dan restoran,” katanya.

Menurut Heri, bagaimana dengan pengetahuan dan ilmu yang didapat di SMK Pariwisata ini nantinya mereka menjadi entrepreneur-entrepreneur dalam rangka untuk mendukung sektor pariwisata yang ada di Kecamatan Sukapura, khususnya wisata Gunung Bromo.

“Pemerintah Kabupaten Probolinggo sangat mendukung dan sangat berharap bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur akan melanjutkan kembali proyek pembangunan gedung SMK Pariwisata,” jelasnya.

Heri menerangkan selama ini keberadaan SMK Pariwisata ini masih menumpang eks SLB yang ada di Desa Ngepung dan Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura. Sementara untuk bangunannya sendiri sudah ada di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura. Hanya saja masih mangkrak karena pihak ketiga selaku pelaksana putus kontrak.

“Harapannya pembangunan gedung SMK Pariwisata di Desa Sapikerep ini bisa segera dilanjutkan. Mudah-mudahan tahun anggaran 2022 ini bisa segera diselesaikan sebagaimana yang dijanjikan perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan kembali menjadi harapan masyarakat Kecamatan Sukapura,” pungkasnya. (ghf/s)

#Pariwisata #Probolinggo #bromo