Senin, 3 Oktober 2022

Komisi D DPRD : Mudik Gratis Pemprov Jatim Solusi Bantu Masyarakat Lebaran Sehat

Diunggah pada : 25 April 2022 10:32:26 50
Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono ditemui di ruang kerjanya. (Pca)

Jatim Newsroom - Program Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang menyelenggarakan mudik gratis bagi warga mendapat apresiasi dari komisi D DPRD Jawa Timur. Kebijakan itu dianggap sebagai solusi yang tepat dan sangat membantu dan mengurangi beban warga miskin di Jatim, setelah mereka bertahun-tahun tidak mudik akibat pandemic Covid 19.

“Kami fraksi demokrat DPRD Jatim sangat mendukung program gubernur dan apalagi setelah pandemic masyarakat sangat butuh hal ini,” kata Ketua komisi D DPRD Jawa Timur dr Agung Mulyono pada Senin (25/4/2022)

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo itu menilai, kebijakan mudik gratis bisa mengurangi kerumunan.  Pasalnya, masyarakat tidak perlu antri untuk mendapatkan angkutan, sehingga lonjakan Covid 19 pasca lebaran bisa diminimalisir.

“Di tengah pandemic ini masyarakat sangat butuh ini. Ini langkah solutif dan mengurangi beban masyarakat. Yang penting bisa mengurangi kerumunan,” tandas putra asli Banyuwangi itu.

Bendahara DPD Demokrat Jatim yang baru dilantik itu menyebutkan, ada tiga manfaat yang bisa dirasakan dari program mudik gratis Pemprov Jatim. Yakni masyarakat akan terhindar dari kerumunan, meringankan beban masyarakat dan masyarakat senang karena sudah dua tahun tidak mudik,

Dia mengimbau agar sosialisasi program tersebut bisa dilakukan secara massif. Sehingga, masyarakat bisa segera mendaftar untuk bisa pulang ke kampung halamannya, melalui kebijakan mudik gratis. Diharapkan, Pemprov Jatim juga menyediakan vaksin booster di terminal pemberangkatan mudik gratis.

“Yang paling bagus adalah gubernur dan pak wagub menyambut ini dengan program mudik gratis. Jadi masyarakat yang mudik bisa daftar dengan cara simple dengan KTP dan KK. Kalau yang belum booster bisa menggunakan booster di tempat,” jelasnya.

Bendahara DPD Demokrat Jatim itu berharap agar masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan saat merayakan lebaran di kampung halamannya. Agar, kasus baru Covid 19 pasca lebaran mendatang bisa dicegah.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menawarkan program mudik gratis bertajuk “Mudik Bareng Gratis 2022”. Program ini akan dilaksanakan pada 28 April 2022, dengan rute yang disediakan adalah 16 daerah kabupaten kota di Jawa Timur.

Mengutip laman resmi Dinas Perhubungan Jawa Timur, Jumat (22/04/2022), beberapa rute yang tersedia di antaranya Surabaya - Tulungagung, Surabaya - Trenggalek, Surabaya - Magetan, Surabaya - Madiun, Surabaya - Ngawi, Surabaya - Ponorogo, Surabaya - Pacitan, dan Surabaya - Jember.  Lalu Surabaya - Banyuwangi (Via Jember), Surabaya - Banyuwangi (Via Situbondo), Surabaya - Tuban, Surabaya - Sumenep, Surabaya - Bojonegoro, Surabaya - Bondowoso, Surabaya - Blitar (Via Malang), serta Surabaya - Nganjuk. Untuk diketahui, pendaftaran mudik gratis 2022 dari Pemprov Jatim dibuka secara online pada 21 April - 24 April 2022 melalui laman khusus mudik gratis di situs Dishub Jatim. (Pca/hjr)

#DPRD #mudik