Selasa, 16 April 2024

Komisi D DPRD Akan Koordinasi Bersama Dishub Jatim Terkait Tarif Angkutan Umum Pasca BBM Naik

Diunggah pada : 6 September 2022 15:32:58 58
Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak bersama Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono. (Pca)

Jatim Newsroom – Ketua Komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Dishub Jatim terkait dampak kenaikan harga BBM terhadap angkutan umum, termasuk Bus Trans Jatim.

Dia berharap dampak kenaikan itu tidak terlalu besar, sehingga merugikan rakyat.  "Mudah-mudahan, dampaknya (kenaikan harga BBM) tidak terlalu tinggi. Kalaupun ada kenaikan tarif, harus yang wajar," ujar dr Agung Mulyono saag dikonfirmasi di DPRD Jatim, Selasa (6/9/2022).

Sementara itu Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak ditemui di Surabaya mengatakan paska kenaikan BBM ini pemerintah Provinsi Jatim masih menunggu kajian Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menentukan tarif baru angkutan massal tersebut. Bahkan termasuk tarif trans Bus Jatim.

Dijelaskan, Emil Elestianto Dardak Bus Trans Jatim disiapkan sebagai alternatif angkutan massal. Besaran tarif juga sangat terjangkau, yakni Rp2.500 untuk santri dan pelajar serta Rp5.000 untuk masyarakat umum.

"Masalah apakah ada penyesuaian harga, kita tunggu perhitungan dari Dishub," kata Emil mantan bupati Trenggalek ini.

Diketahui, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu meluncurkan bus Trans Jatim. Bus tersebut melayani rute koridor I yaitu Sidoarjo-Surabaya-Gresik dengan 22 armada bus. Armada bus Trans Jatim berjumlah 22 unit. Sebanyak 20 di antaranya dioperasikan. Sedangkan 2 bus menjadi cadangan.

Untuk membantu operasonal bus ini, Dishub Jatim menyediakan 32 halte, masing-masing dari Sidoarjo-Surabaya-Gresik, sebanyak 15 halte. Sedangkan dari Gresik-Surabaya-Sidoarjo, sebanyak 17 halte.  Rute bus ini dari Terminal Porong, Terminal Pasar Larangan, kemudian masuk Tol Sidoarjo, Terminal Purabaya, masuk Tol Romokalisari, lalu masuk Gresik di Terminal Bunder. (Pca)

#Emil Elestianto Dardak #dprd jatim