Jumat, 29 Maret 2024

Komisi B DPRD Jatim Minta Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadhan

Diunggah pada : 22 Februari 2023 16:47:31 87
Anggota komisi B DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto di DPRD Jatim. (Pca)

Jatim Newsroom – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta pemerintah baik pusat, daerah dan kabupaten/kota di Jatim untuk segera menggelar operasi Pasar terhadap 10 komoditi bahan pokok yang harganya rawan naik menjelang ramadhan tahun 2023 ini.

"Saya minta, agar menjaga stabilitas harga dan tidak membuat reaksi pasar menjadi gejolak dengan disegerakan membuat operasi pasar,"kata Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto dikonfirmasi, Rabu (22/2/2023)

Pria asal Malang ini, mengatakan, ada 10 komoditas pangan yang harganya berada di atas harga acun penjualan atau harga eceran tertinggi (HAP/HET) secara nasional. Kesepuluh komoditas itu, antara lain beras premium, beras medium, bawang merah, kedelai, cabai merah keriting, caba rawit merah, telur ayam ras, gula konsumsi,minyak goreng curah, dan jagung di tingkat peternak.

Bapanas (Badan Pangan Nasional) menyebut, lanjutnya,  rata-rata harga beras premium Rp13.561 per kilogram (kg), atau 5,95% di atas HET. Sementara rata-rata harga beras medium Rp Rp11.8669 per kg, atau 25,60% di atas HET. "Untuk itu, kepada pemerintah supaya harga ini bisa ikut dipantau sehingga selisih antara HET atau HAP dengan harga di tingkat konsumen tidak terlalu jauh,"kata Agus Dono politisi asal Fraksi Demokrat ini.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menargetkan inflasi pangan tahun ini sebesar 3% hingga 5%, lebih rendah dari tahun lalu yang berada di level 5,61%.

Upaya menekan inflasi pangan ini untuk mengejar target inflasi umum kembali ke target sasaran sebesar 2% hingga 4%. Menurutnya pemerintah akan memperkuat ketahanan pangan dengan akselerasi implementasi lumbung pangan, perluasan kerja sama antar daerah, memastikan akurasi data produksi pangan, dan ketersediaan pangan untuk mendukung pengendalian inflasi.(pca/hjr)

#dprd jatim