Senin, 15 Juli 2024

Kominfo Kota Mojokerto Gelar Bimtek Satu Data dan ROMANTIK

Diunggah pada : 30 Mei 2024 10:42:33 30
Bimtek Prinsip Satu Data dan Rekomendasi Kegiatan Statistik (ROMANTIK) Tahun 2024 di Sabha Mandala Tama Balai Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto menggelar Bimtek Prinsip Satu Data dan Rekomendasi Kegiatan Statistik (ROMANTIK) Tahun 2024 di Sabha Mandala Tama Balai Kota Mojokerto. 

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto Kamis (30/5/2024), kegiatan yang diikuti oleh 40 operator data dan produsen data ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo. “Kita harus membuat data yang berkualitas, karena untuk pengambilan kebijakan dan perencanaan pembangunan Kota Mojokerto berawal dari data, sehingga data ini harus berkualitas,” ungkapnya.

Apalagi yang terbaru, Pemkot Mojokerto berhasil meraih Digital Goverment Award 2024 kategori Penerapan Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah (IPPD) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Mindset kita harus diubah, bahwa segala sesuatu kebijakan yang akan diambil itu harus berbasis dari data. Oleh karena itu penting sekali data yang akurat dan berkualitas,” imbuhnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias, selain untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam rangka penguatan data yang dihasilkan terkait dengan pengadaan dan pemanfaatan data.

“Kita ingin memastikan bahwa rancangan kegiatan statistik sesuai dengan kaidah statistik sehingga hasil kegiatan penyelenggaraan kegiatan statistik yang secara teknis dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran/pemahaman perangkat daerah untuk melaksanakan rekomendasi kegiatan statistik baik survei maupun kompilasi produk administrasi (kompromin), dengan maksud agar perangkat daerah dapat melakukan rekomendasi melalui ROMANTIK online sebelum melaksanakan kegiatan survei dan kompilasi produk administrasi (kompromin).

Lebih lanjut Kepala Bidang Persandian dan Data Statistik, Siti Noor'ainy menambahkan kegiatan Bimtek Prinsip Satu Data dan Rekomendasi Kegiatan Statistik (ROMANTIK) ini sengaja dilakukan dua hari.

Hari pertama dengan materi Bimtek ROMANTIK meta data, dan pada hari ke dua dilakukan pemantapan ROMANTIK serta penjelasan terkait EPSS dan SPBE. “Bimtek ini kita lakukan berkala, selain untuk optimalisasi data yang di-upload, juga banyak operator data yang baru, jadi agar pemahamannya sama,” jelasnya. (idc/hjr)

#satu data #Kota Mojokerto