Rabu, 24 April 2024

Kominfo Jatim dan Tuban Perkuat Sinergi

Diunggah pada : 11 April 2023 16:28:44 76
Kunjungan Dinas Kominfo Tuban ke Kantor Dinas Kominfo Jatim, Selasa (11/4/2023). Foto: Herlambang/JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin menerima kunjungan Dinas Kominfo Kabupaten Tuban, Selasa (11/4/2023) di kantornya. 

Selain sebagai ajang silaturahmi, kedua belah pihak sepakat untuk terus memperkuat sinergisitas. Beberapa hal dibahas dalam forum ini, mulai dari rencana Jatim Kominfo Festival 2023 di Kabupaten Tuban hingga program prioritas masing-masing. 

“Kami akan memaparkan tentang satu data, klinik hoaks, publikasi dan diseminasi informasi, jaringan intra pemerintah, hingga sertifikasi ISO data center,” kata Sherlita. 

Lebih lanjut Sherlita menjelaskan program prioritas Dinas Kominfo Jatim, yaitu pelaksanaan Satu Data berbasis Big Data, Call Center 1500 117, hingga Diseminasi Informasi Program dan Kebijakan melalui Kopilaborasi, Klinik Hoaks, dan Videotron dan Sarana Media Kehumasan. 

“Ada juga peningkatan SDM Statistik bagi perangkat desa, serta pemantauan lingkungan di area umum, area Sungai Karangpilang, Rest Area Batu, Tempat Wisata di Batu dan Sidoarjo,” terangnya. 

Dalam kesempatan ini, Sherlita menjelaskan tentang beberapa sistem fungsi administrasi dan manajemen umum di Provinsi Jawa Timur, baik berupa aplikasi akuntabilitas kinerja, tata naskah dinas, dan manajemen kepegawaian. Platform Open Government juga dipresentasikan dalam forum ini. 

Kadis Sherlita juga menggarisbawahi tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan reformasi birokrasi berdampak.

“Meskipun angka SPBE Jatim bukan yang paling tinggi, tapi dinilai paling memberikan dampak langsung ke masyarakat. Ini yang penting dan erat kaitannya dengan reformasi birokrasi berdampak,” tuturnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Tuban, Arif Handoyo turut menyampaikan progres SPBE di tempatnya. “Kami juga langsung gerak cepat untuk perbaikan SPBE kami. Kami sudah berkoordinasi dengan KemenPAN-RB, sudah mengadakan bimtek, dan sedang menyusun struktur SPBE untuk 5 tahun ke depan,” jelas Arif. 

Mengenai klinik hoaks, Ia pun menyampaikan bahwa Kabupaten Tuban akan menjajaki dan mengadopsi klinik hoaks yang sudah dipaparkan Kadis Kominfo Jatim. “Ini sangat penting, apalagi menjelang pemilu nanti. Kami berkomitmen bahwa seluruh program prioritas juga kami arahkan ke digitalisasi,” ungkap Kadis Kominfo Tuban. (idc/n)

#Diskominfo Jatim #Diskominfo Tuban