Minggu, 29 Januari 2023

Kolaborasi Semua Pihak, Wujudkan Masyarakat Gotong Royong

Diunggah pada : 28 November 2022 18:29:22 54
Sekretaris Daerah Prov Jatim, Adhy Karyono, bersama Ketua PKK Prov Jatim, Arumi Bachsin, dan Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIX dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50, di Jember, Senin (28/11/2022). Foto: Herlambang JNR

Jatim Newsroom -  Sekretaris Daerah Prov Jatim, Adhy Karyono, mengatakan, untuk mewujudkan masyarakat yang gotong royong diperlukan kolaborasi dari semua pihak, utamanya dari penggerak PKK, karena PKK merupakan pendidik pertama dari keluarga.

“PKK memberikan kontribusi dalam mendidik keluarga inti untuk bisa menjadi bagian dari masyarakat dalam partisipasi gotong royong,” ujar Sekda Prov Adhy saat puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke  XIX dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50, di Jember, Senin (28/11/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, semangat kebersamaan dan kegotong royongan telah mengakar dan melembaga dalam kehidupan masyarakat, sehingga menjadikan masyarakat Jawa Timur hidup rukun, damai berdampingan dalam mengisi pembangunan menuju pada masyarakat adil dan makmur serta sejahtera.

Menurutnya, gotong royong merupakan suatu nilai yang sangat tinggi dalam mencapai tujuan bersama,    ini  merupakan  warisan para leluhur yang secara turun temurun dan berlangsung sampai saat ini. Gotong royong juga sekaligus menjadi ciri khas Bangsa Indonesia, yang membedakan dengan bangsa-bangsa lain di belahan dunia manapun. Karena  di abad modern sekarang ini sifat individualisme masyarakat mulai terus meninggi sehingga tingkat solidaritas antar sesama semakin melemah.

“Saya berharap dengan optimis Jatim bangkit ini, nilai gotong royong mampu menjadi upaya dalam rangka memulihkan dan mengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa Timur pasca pandemi Covid-19. Dan juga harus mampu mendorong peningkatan pembangunan manusia, serta penyediaan lapangan kerja yang memadai, sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan Jawa Timur,” terangnya.

Ketua PKK Prov Jatim, Arumi Bachsin, mengatakan, peringatan HKG PKK kali ini menjadi sangat istimewa, karena merupakan Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK di Indonesia. “Melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya menginginkan agar Gerakan PKK kembali pada ruh-nya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga,” katanya.

Menurutnya, keluarga yang harus menjadi fokus perhatian, dan keluarga juga harus berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. “Oleh karena itu, Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, adalah Limapuluh Tahun Gerakan PKK : Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama. Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat, serta untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Jatim, Soekaryo, mengatakan, maksud dilaksanakannya, kegiatan sebagai upaya pelestarian kebiasaan mulia, yakni saling terbuka, saling mendukung dan saling membantu, di antara sesamanya. Tentunya dengan mewujudkan kegiatan gotong royong di berbagai bidang yang diarahkan pada penguatan, persatuan dan kesatuan masyarakat, serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

“Salah satu implikasi dari kegiatan tersebut, adalah adanya dampak langsung pada masyarakat, dalam berpartisipasi melalui swadaya masyarakat dalam pembangunan dan tata pemerintahan,” katanya.

Sementara tujuannya  untuk meningkatkan kepedulian, dan peran aktif masyarakat, berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan, dalam penguatan integritas sosial, melalui kegiatan-kegiatan gotong royong, menuju jawa timur maju sejahtera.

Sebagai informasi, pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke  XIX, telah dilaksanakan beberapa kegiatan. Antara lain penilaian pelaksana gotong royong terbai tingkat Prov Jatim tahun 2022. Kegiatan ini telah dilaksanakan dan menghasilkan 4  pelaksana terbaik kategori desa dan 4  pelaksana terbaik kategori kelurahan yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur, Nomor 118/639/kpts/013/2022, tentang Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Adapun 4 kategori desa dan 4 kategori kelurahan pelaksana gotong royong terbaik tersebut, adalah :

Kategori Desa :

1. Terbaik I      :           Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember

2. Terbaik II     :           Desa Tembalang Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

3. Terbaik III    :           Desa Jatirejo Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

4. Terbaik IV   :           Desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.

 

Kategori Kelurahan :

1. Terbaik I      :           Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun

2. Terbaik II     :           Kelurahan Karangpilang Kecamatan Karangpilang Kota Surabaya

3. Terbaik III    :           Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar

4. Terbaik IV   :           Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. (ern/s)

#Arumi Bachsin #Ketua TP PKK Jatim #DPMD #PKK #Sekdaprov Jatim