Kamis, 25 April 2024

Kolaborasi dengan RSJ Lawang, UPT RSBL Pasuruan Gelar Pemeriksaan Kesehatan

Diunggah pada : 20 Desember 2022 14:40:57 10
Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Pasuruan menggelar pemeriksaan kesehatan jiwa bagi penerima manfaat (PM) sebanyak 40 PM.

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Pasuruan bersinergi dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr Radjiman Wediodiningrat Lawang menggelar pemeriksaan kesehatan jiwa bagi penerima manfaat (PM) sebanyak 40 PM.

Sebelum kegiatan dimulai, Penyuluh Bimbingan/Konseling bagi penyandang penyakit sosial memberikan motivasi dan arahan kepada 40 PM yang akan diperiksa kesehatan jiwanya. Selanjutnya, psikiater didampingi oleh pengelola layanan kesehatan melakukan pemeriksaan jiwa pada 40 PM secara berurutan, sesuai daftar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dalam pemeriksaan tersebut PM didampingi dua pengasuh agar situasi pemeriksaan berjalan lancar, aman, dan tidak ada PM yang menolak maupun melakukan perlawanan.

Kepal UPT RSBL Pasuruan melalui Kepala Seksi Pelayanan Sosial, Hanuriyanto, menjelaskan, follow up pemeriksaan kesehatan jiwa ini dilaksanakan secara rutin dua kali dalam sebulan dengan mendatangkan psikiater dari RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Malang dan RSJ Menur.  “Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan jiwa PM secara medis. Hasil pemeriksaan jiwa ini sebagai dasar rujukan PM ke RSJ atau persiapan terminasi (pemulangan) PM yang ada di UPT. Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui terapi psikofarmaka yang harus diberikan sesuai petunjuk dokter,” paparnya. (her/s)

#dinsos jatim