Minggu, 14 Agustus 2022

Koarmada II Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Lokasi Gempa Mamuju Sulawesi Barat

Diunggah pada : 11 Juni 2022 8:45:49 63
Bantuan kemanusiaan Koarmada II menuju lokasi gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat.

 

Jatim Newsroom -TNI AL Komando Armada (Koarmada) II menerjunkan bantuan kemanusiaan ke lokasi gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat. 

"Selain itu, TNI AL melalui Dinas Kesehatan Koarmada II juga menurunkan tim medis, serta obat-obatan yang dibutuhkan bagi masyarakat Mamuju," kata Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama (Laksma), Rachmad Jayadi mewakili Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, usai memberangkatkan KRI Makassar-590 di Dermaga Koarmada II Surabaya, Sabtu (11/6/2022).

Gempa bumi dengan skala 5,8 magnitudo mengguncang Mamuju pada sekitar pukul 13.32 WITA, Rabu, 8 Juni lalu. Lokasi gempa terletak pada koordinat 2,74 LS dan 118,54 BT, atau di 43 kilometer arah barat daya Kabupaten Mamuju, pada kedalaman 10 kilometer. Meski tidak menimbulkan efek tsunami namun berdampak pada rusaknya bangunan rumah warga dan korban luka-luka. 

Laksma Rachmad Jayadi mengatakan, pelayaran KRI Makassar-590 menuju Kabupaten Mamuju diperkirakan memakan waktu dua hari. Kapal itu membawa bantuan berupa beras, mie instan, gula, air mineral, selimut dan alat-alat kebersihan seperti sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, sikat gigi dan pampers untuk balita.

"Setelah tiba di Mamuju selanjutnya bahan bantuan akan diserahkan langsung kepada warga terdampak yang saat ini kebanyakan berada di pengungsian," ujar Laksma Rachmad Jayadi. 

Kaskoarmada II menuturkan, bantuan kemanusiaan ini  sesuai  arahan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksmana TNI Yudo Margono, yang memerintahkan TNI AL berperan aktif secara profesional untuk mendukung kegiatan atau membantu saat ada kejadian bencana seperti yang saat ini terjadu di Kabupaten Mamuju. 

"Hal ini sesuai dengan tugas TNI, yakni operasi militer selain perang," ucapnya. 

Turut hadir mendampingi Kaskoarmada II dalam kegiatan tersebut Asops Pangkoarmada II, Aslog Pangkoarmada II, Kadismatbek Koarmada II, Dansatfib Koarmada II, Kadiskes Kaormada II dan Komandan KRI Makassar-590. (hjr)

#Koarmada II #TNI AL