Kamis, 25 April 2024

Kinerja Meningkat. Bank Jatim Bagikan Deviden Rp 797 Miliar

Diunggah pada : 13 April 2023 9:47:21 301
Dirut Bank Jatim, Busrul Iman dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat Rapat RUPS di Bank Jatim. (Dok Humas Bank Jatim.)

Jatim Newsroom - Kinerja Bank Jatim menunjukkan kinerja yang mengembirakan di tahun 2022. Ini tampak pada hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2022, yang digelar Bank Jatim di Ruang Bromo, Kantor Pusat Bank Jatim lantai 5, Surabaya, Rabu (12/4/23).

Dalam RUPS yang juga dihadiri langsung  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Pemegang Saham Pengendali, bankjatim berhasil mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp 1,54 Triliun serta Kenaikan Asset yang sebesar 103,03 Triliun atau tumbuh 2,29% (YoY).

Sedangkan komposisi rasio keuangan bankjatim periode Desember 2022 antara lain, Return On Asset (ROA) sebesar 1,95%, Return on Equity (ROE) sebesar 16,24% dan Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,11%. Serta membagikan Dividen sebesar Rp797 miliar atau sebesar 51,67%  dari laba bersih Tahun Buku 2022.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan, sepanjang tahun 2022, Bank Jatim sukses menorehkan pencapaian kinerja yang positif meskipun proses pemulihan ekonomi pasca pandemi belum sepenuhnya normal dan masih diwarnai oleh berbagai tantangan global. Seperti krisis pangan dan transisi energi akibat konflik Rusia dan Ukraina.  ”Dengan keadaan yang penuh dengan tantangan ini, kita dapat mencapai kinerja keuangan di tahun buku 2022 dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/4/2023).

Busrul menjelaskan, total aset Bank Jatim sampai akhir Desember 2022 mencapai Rp 103,03 triliun atau tumbuh 2,29% dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian, untuk laba bersih berada di angka Rp 1,54 triliun atau tumbuh 1,30% (YoY). ”Ekspansi kredit yang kami berikan juga tak luput dari peningkatan. Bank Jatim telah sukses menggelontorkan kredit sebesar Rp 46,20 triliun atau naik 8,06% dibandingkan tahun 2021,” ungkapnya.

Peningkatan penyaluran kredit tersebut lanjut Busrul terjadi di seluruh segmen. Sejalan dengan pemulihan ekonomi di berbagai sektor. Kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang kenaikan tertinggi yaitu mengalami peningkatan sebesar 26,24% (YoY) atau tercatat Rp 6,34 triliun hingga akhir 2022.  "Kemudian portofolio kredit komersial juga mengalami peningkatan sebesar 7,02% atau tercatat Rp 11,20 triliun. Yang lebih menggembirakan lagi, capaian kredit di sektor konsumsi juga naik signifikan dimana tumbuh sebesar 5,11% atau tercatat Rp 28,65 triliun," jelasnya.

"Rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 4,81% pada tahun 2022, berbanding 6,57% di tahun sebelumnya (YoY). Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross bankjatim juga ikut menurun di angka 2,83%, berbanding 4,48% di tahun sebelumnya (YoY)," urainya.

Dikatakan Busrul, Bank Jatim juga  mempunyai misi memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur yang telah dilakukan dengan berbagai cara. Antara lain, fokus pada pertumbuhan UMKM yang dibuktikan dengan peningkatan penyaluran kredit kepada UMKM selama 6 tahun terakhir.

Selanjutnya, memberdayakan masyarakat Jatim dan pelaku UMKM untuk menjadi agen jatim.  Tujuannya, melayani masyarakat di daerah yang tidak terjangkau kantor layanan bank untuk melakukan transaksi tarik tunai, transfer, setor tunai, hingga pembayaran pajak daerah.

”Tahun ini Bank Jatim sukses melakukan sekitar 500 integrasi & elektronifikasi permintaan sistem keuangan daerah dari 38 kota dan kabupaten di Jatim yang telah menggunakan layanan digital dari Bank Jatim, seperti e-retribusi pasar & parkir, e-KIR, e-ticketing, PBB & BPHTB online, dan lain-lain,” ungkapnya.

Untuk Corporate Social Responsibility (CSR). Menurut Busrul, Bank Jatim tetap berkomitmen bisa ikut andil dalam upaya mendorong kemajuan, memberdayakan dan menciptakan kemandirian masyarakat, serta meningkatkan ekonomi setempat. Pelaksanaan program-program CSR oleh Bank Jatim merupakan bentuk dukungan penerapan keuangan berkelanjutan, sekaligus tujuan pembangunan berkelanjutan.  "Pada tahun 2022, Bank Jatim berhasil menyalurkan CSR sebesar Rp 18 miliar pada sektor pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dan sosial," ucapnya.

"Alhamdulillah sepanjang tahun 2002 Bank Jatim sukses mencetak prestasi kinerja yang baik. Beberapa penghargaan berhasil diterima  antara lain Bank Penyalur KUR Terbaik, The Most Efficient Banking Operation for BPD, Digital Innovation for Sustainable Business, Best Overall Performance for Service Excellence, Digital Brand Awards untuk Bank Umum Konvensional, dan Top Digital Implementation," lanjutnya.

Dalam RUPS Tahunan Tahun Buku 2022 kali ini, terdapat perubahan susunan pengurus perseroan. Bank Jatim memberhentikan dengan hormat anggota dewan komisaris dan anggota dewan pengawas syariah yang telah berakhir masa jabatannya yaitu Heru Tjahjono dan Saad Ibrahim.

Kemudian, Komisaris Independen Muhammad Mas’ud dan Dewan Pengawas Syariah KH Affifudin juga diberhentikan dengan hormat karena telah berakhir masa jabatannya namun diangkat kembali dengan posisi yang sama. Selain itu, berdasarkan hasil RUPS Tahunan Tahun Buku 2022, Bank Jatim juga mengangkat Adhy Karyono sebagai komisaris baru. Mengankat Direktur Kepatuhan Tonny Prasetyo,  Direktur Operasi Arif Suhirman, dan Dewan Pengawas Syariah Sukadiono. (pca/hjr)

#bankjatim