Selasa, 29 November 2022

Ketua Kormi Jatim Hadiri Pendirian Sasana Duta Tai Chi Indonesia di Porong Sidoarjo

Diunggah pada : 25 September 2022 10:11:20 40
Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur, Hudiyono menghadiri peresmian Sasana Duta Tai Chi Indonesia yang berada di kompleks Perumahan Sentral Porong Sidoarjo, Minggu (25/9/2022) pagi.

Jatim Newsroom - Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur, Hudiyono menghadiri peresmian Sasana Duta Tai Chi Indonesia yang berada di kompleks Perumahan Sentral Porong Sidoarjo, Minggu (25/9/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Hudiyono mengatakan, berdirinya Sasana Duta Tai Chi Indonesia di Porong Sidoarjo merupakan sasana ke sembilan, menjadi bukti bahwa olahraga Tai Chi semakin memasyarakat dan makin dikenal hingga pelosok pedesaan. 

Selain untuk melestarikan eksistensi olahraga yang membuat badan semakin sehat, bugar dan bahagia di masyarakat, hadirnya sasana Tai Chi ini juga membantu pemerintah dalam upaya untuk pemulihan perekonomian masyarakat. 

Menurutnya, acara-acara yang mengundang keramaian sudah barang tentu akan didatangi oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan sejenisnya. Karena hal itu jelas merupakan pangsa pasar potensial untuk memasarkan produk-produk usahanya.

"Saya menyakini, makanan yang disuguhkan pagi ini semuanya adalah pesan. Tentunya ini menghidupkan UMKM kita. Untuk itu sering - seringlah menyelenggarakan kegiatan semacam ini agar ekonominya tumbuh," terangnya.

Hudiyono mengaku bangga sekali karena ini merupakan bentuk dan upaya pemulihan serta percepatan ekonomi. Mudah-mudahan ekonomi masyarakat kita segera pulih kembali.

"Saya ambil contoh, untuk pemesanan kaos acara ini pasti di penjual kaos disekitar kita termasuk makanannya. Ini menunjukkan masyarakat kembali bangkit ekonominya,” tandas HBudiyono yang juga Kepala Diskominfo Jatim.

Hudiyono berharap dengan adanya sasana Tai Chi ini dapat menjadi pemicu semangat untuk menggiatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat di Kecamatan Porong.

"Sasana ini didirikan untuk membantu masyarakat yang senang olahraga. Harapannya masyarakat Porong dan sekitarnya termotivasi untuk berolahraga terutama Tai Chi,” harapnya.

Founder Duta Tai Chi Indonesia, Toni Liono mengatakan, berdirinya sasana ini adalah sebagai upaya untuk mengolahragakan masyarakat. Sasana ini berdiri dengan layanan dan fasilitas yang gratis. Ini semuanya agar Tai Chi yang lahir sejak tujuh ratusan tahun lalu, bisa membuat masyarakat semakin sehat. 

Sasana di Porong merupakan sasana ke sembilan. Duta Tai Chi Indonesia menargetkan pendirian 50 sasana yang tersebar di Jawa Timur, dan Maret 2023 mendatang kami targetkan 30 sasana telah berdiri.

"Sebentar lagi kami akan didirikan sasana Tai Chi di Nganjuk, Gresik dan Mojokerto," terangnya.

Toni menceritaka,  Tai chi adalah ilmu beladiri asal China yang fokus pada keseimbangan energi chi dalam tubuh manusia. Tai chi dikenal sebagai ilmu beladiri unik karena gerakannya yang lambat, tidak menunjukkan kekuatan, dan tampak menyerupai senam.

Tai chi juga dikenal sebagai ilmu beladiri yang memiliki manfaat terapeutik atau penyembuhan terhadap tubuh manusia dalam setiap latihannya. Sejumlah penyakit kronis bahkan diklaim mampu dicegah jika rutin melakukan latihan tai chi. (jal/n)

#KORMI Jatim