Kamis, 1 Desember 2022

Ketua KONI Jatim : Mutu Pelatih Menentukan Kualitas Atlet

Diunggah pada : 4 Oktober 2022 8:48:35 34
Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil (nomor dua kanan) bersama Kepala Badan Diktat KONI Jatim, Prof. DR. Nurhasan yang juga Rektor Unesa (kanan).

Jatim Newsroom - Ketua KONI Jatim, Muhammad Nabil mengatakan mutu pelatih sangat menentukan kualitas dari atlet, hal ini berlaku bagi pelatih dan atlet seluruh cabang olahraga. Oleh karena itu pihaknya melakukan seleksi calon pelatih Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda) Jatim yang diproyeksikan untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI mendatang.

"Seleksi bagi pelatih (Puslatda) ini diharapkan ada peningkatan mutu pelatih dan pada ujung - ujungnya adalah peningkatan mutu atlet, kualitas atletnya menjadi meningkat," terang Nabil, Senin (3/10/2022).

Ditambahkan, kegiatan seleksi pelatih yang dilakukan oleh Badan Pendidikan dan Penataan (Diktat) KONI Jatim ini, diharapkan ada kualifikasi pelatih dengan standar pelatih yaitu leadership, skill, teknik, moralitas dan bagaimana pelatih membina atlet sehingga ada kedekatan, ada kepercayaan diri sehingga ada semangat bagi atlet

"Itulah yang penting bagi pelatih, kalau cuma transformasi teknik dan skill menurut saya kurang harus ada transparansi lain, attitude, moralnya, itu yang penting, dari kegiatan ini sudah ada identifikasi siapa yang layak menjadi pelatih," imbuhnya.

Diungkapkan, bagi atlet itu lebih sering ketemu pelatih daripada orang lain dan keluarganya, kalau tidak keteladanan atau keistimewaan dari pelatih maka ada tidak ada kekaguman bagi atlet maka yang terjadi jalan sendiri - sendiri. (pno)

#KONI Jatim #seleksi pelatih Puslatda Jatim