Sabtu, 20 April 2024

Ketua DPRD Jatim Harap Pelaku Budaya Diberi Ruang Berekspresi

Diunggah pada : 22 Februari 2023 13:23:00 37
Ketua DPRD Jatim, Kusnadi saat melihat ruang ekspresi seni lukis di Sidoarjo. (Pca)

Jatim Newsroom - Animo anak muda yang peduli terhadap budaya di berbagai daerah di Jatim cukup tinggi perlu diimbangi dengan perhatian pemerintah terhadap pemajuan kebudayaan. Pasalnya, sudah ada payung hukum berupa Undang - Undang No.5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Hal ini disampaikan oleh ketua DPRD Jatim, Kusnadi ditemui di DPRD Jatim, Rabu (22/2/2023).

Menurut Kusnadi, diantara kabupaten/kota di Jatim yang anak mudanya memiliki kepedulian tinggi terhadap budaya adalah Kabupaten Sidoarjo. Bahkan mereka memiliki wadah khusus yang diberi nama rumah budaya Sidoarjo. “Di rumah budaya Sidoarjo ini banyak sekali kegiatan budaya yang di lakukan oleh anak anak muda. Seperti kegiatan mocopat, diskusi budaya dan kegiatan seni lainnya,” ujarnya

Bahkan para budayawan muda Sidoarjo, lanjutnya juga tengah berupaya menggali dokumen budaya Sidoarjo hingga ke beberapa negara seperti ke Belanda, Inggris dan Amerika. Kusnadi politkus asal fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, bahwa para pelaku budaya perlu diberi ruang untuk bisa mengekpresikan karyanya. Sebab dengan berbudaya maka kita bisa mengenal siapa diri kita, dan dengan mengenali siapa diri kita maka pasti kita akan menyayangi rumah kita sehingga juga menyayangi bangsa dan negara.

Marilah kebudayaan itu kita pelihara dengan baik. Pemerintah juga harus memberikan fasilitasi supaya para pelaku budaya bisa berkarya karena orang yang bergerak di budaya itu pasti mencintai antar sesama sebab budaya itu cenderung tidak ada nuansa kepentingan tapi hanya berkarya,” kata Kusnadi.

Bahkan kata Kusnadi, para pelaku budaya ini sudah bangga kalau mereka bisa mengaktualisasikan karyanya walaupun tidak dibayar. “Syukur - syukur kemudian ada perhatian pemerintah dan di Sidoarjo cobalah untuk bisa membangun satu tempat dimana pelaku budaya bisa mengekspresikan karyanya,” pungkasnya. (Pca/hjr)

 

 

#dprd jatim