Rabu, 1 Februari 2023

Kepala BPS Jatim : Sinergi SATA Jatim Terus Ditingkatkan

Diunggah pada : 14 Juni 2022 15:25:04 117
Rapat Koordinasi Kolaborasi SDI dan Pojok Statistik, Selasa (14/6/2022) di Kantor BPS Jatim. Foto: Ghufron JNR

Jatim Newsroom – Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim), Dadang Hardiwan. mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus bersinergi dalam mewujudkan program Satu Data Jawa Timur (SATA Jatim). 

“Kita sebetulnya patut bersyukur karena tindak lanjut dari Perpres 39/2019 tentang Satu Data Indonesia sudah ditindaklanjuti secara regulasi melalui Pergub 81/2020 terkait SATA Jatim. Setelah regulasi terbentuk juga ada SK Gubernur terkait dengan tim Forum Satu Data. Jadi ada koordinatornya dari Bappeda, kemudian Diskominfo selaku wali data,” ujar Dadang di kantornya, Selasa (14/6/2022). 

Dadang menerangkan bahwa ada beberapa agenda untuk mewujudkan SATA Jatim. Mulai dari sosialisasi, workshop, evaluasi dll. “Itu sudah dilakukan dan memang perlu ditingkatkan lagi,” imbuhnya. 

Ia pun menegaskan bahwa peran dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) sangat vital sebagai wali data. “Karena data-data yang secara official atau official statistic yang dihasilkan oleh Organisasi Perangkat Daerah memang perlu dikawal dan dilakukan pembinaan. BPS di samping menghasilkan statistik dasar, kami juga ikut berperan kepada pembinaan statistik,” sambung Kepala BPS Jatim. 

Ia pun menjelaskan bahwa telah menggelar Rapat Koordinasi Kolaborasi SDI dan Pojok Statistik, Selasa (14/6/2022) di kantornya. Rapat tersebut membahas tentang kolaborasi program SDI dengan Pojok Statistik Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya. Pihak ITS akan menurunkan mahasiswa-mahasiswanya ke para produsen data untuk mengidentifikasi data, metadata, dan rekomendasi kegiatan statistik sektoral yang diperlukan. 

“Kita mencoba untuk membuat satu terobosan baru. Kita melakukan kolaborasi antara BPS dengan Pemprov terutama Diskominfo dan Bappeda, serta dari akademisi perguruan tinggi yaitu ITS. Kolaborasi ini niatnya agar SATA Jatim bisa diwujudukan secara lebih cepat lagi,” tutur Kepala BPS Jatim.  

Dalam rapat, kata Dadang, juga dibahas mengenai agenda SATA Jatim Award. “OPD-OPD yang dalam penyelenggaraan statistiknya bagus, nanti akan diberikan penghargaan oleh Gubernur Jatim,” ungkapnya.  (idc/s)

#satu data #sata jatim #badan pusat statistik