Kamis, 25 April 2024

Kenang Pertempuran Surabaya 1945, Koarmada II Gelar Seni dan Sejarah Bangsa

Diunggah pada : 3 Desember 2022 4:38:02 97

Jatim Newsroom - Koarmada II TNI AL mengadakan pagelaran seni dan sejarah bangsa, Jumat (2/12/2022) malam untuk mengenang pertempuran Surabaya 1945. Pagelaran ini sekaligus memperingati Hari Armada yang diperingati pada tanggal 5 Desember mendatang.

Pagelaran yang diselenggarakan di Dermaga Ujung Komando Armada (Koarmada) II Surabaya itu juga untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November lalu.

Kegiatan diawali dengan penampilan Tari Tor-Tor dan Tari Sekar Arum sebagai pembuka, dilanjutkan dengan demo kolone senapan dan peragaan seragam dinas TNI AL.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan pencanangan Kota Surabaya sebagai Kota Angkatan Laut yang dilakukan Pangkoarmada II bersama perwakilan Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim, Jumat (2/12/2022). 

Kegiatan seni dan sejarah dibuka resmi oleh Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, Pangkoarmada Il.

Usai menyampaikan sambutan dilanjutkan pemutaran video panjang mapping pencanangan Kota Surabaya menjadi Kota Angkatan Laut.

“Atas nama Kepala Staf Angkatan Laut, saya canangkan Surabaya kota pahlawan dan kota angkatan laut,” ujar Hutabarat.

Pangkoarmada II bersama personel TNI AL lain menutup acara dengan berjoged bersama, Jumat (2/12/2022).

Dalam sambutannya iya menyampaikan, pertempuran Surabaya 1945, di mana para pemuda Indonesia berperang melawan tentara Belanda, ditandai dengan insiden perobekan Bendera Merah Putih Biru di atas Hotel Yamato pada 19 September 1945, bisa memberi semangat para prajurit TNI.

Prajurit diharapkan mempelajari sejarah dan menghormati para pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pagelaran disisi dengan tarian jenaka oleh Didik Ninik Thowok juga pertunjukan musik komedi ole Wawan Teamlo, dan Paduan Suara Gabungan TNI AL wilayah Surabaya. (jal)

 

#Koarmada II