Sabtu, 20 April 2024

Kemenkumham Jatim Beri Pemantaban Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Diunggah pada : 28 Oktober 2022 12:45:43 36
Kepala Bakesbangpol Widarsono (tengah) saat memberikan wawasan kebangsaan

Jatim Newsroom-Kanwil Kemenkumham Jawa Timur proaktif membumikan nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Revitalisasi Nilai- Nilai Pancasila dan Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Kabupaten Trenggalek melalui penyusunan Peraturan Daerah.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Widarsono. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum, dan seluruh jajaran perangkat daerah terkait di Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Dari Kanwil Kemenkumham Jatim diwakili Kasubid FP2HD Yovan Iristian.

Widarsono menyampaikan latar belakang bahwa Pemkab Trenggalek menginisiasi perda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. "Kami harap bisa menumbuhkan jiwa nasionalis sesuai dengan ideologi bangsa dan falsafah hidup khususnya di daerah Kabupaten Trenggalek," ujarnya, Jumat (28/10/2022).

Kanwil Kemenkumham Jatim memberikan apresiasi atas komitmen Pemkab Trenggalek dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat. Terutama dalam upaya untuk menanamkan Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Menurut Yovan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi bangsa, pandangan hidup, dan falsafah NKRI yang termuat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 diharapkan mampu diaktualisasikan pada setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Trenggalek.

"Tidak hanya di lingkungan pendidikan saja namun ke seluruh jajaran pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat," teragnya. (mad/hjr)

#Kanwil Kemenkumham Jatim