Selasa, 23 Juli 2024

Kontingen Mahasiswa Indonesia Ukir Sejarah

Kemendikbudristek: Ini Hadiah Besar untuk Indonesia

Diunggah pada : 6 Juli 2024 22:32:49 51
Kontingen Mahasiswa Indonesia Ukir Sejarah

Jatim Newsroom- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi penampilan Kontingen Mahasiswa Indonesia yang memberikan prestasi membanggakan di 21st ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang.

Kontingen Indonesia mengukir sejarah baru dengan tampil sebagai juara umum dengan raihan medali emas terbanyak sepanjang penyelenggaraan. Kontingen yang dipimpin oleh Del Asri menutup penyelenggaraan AUG dengan menempati posisi puncak dengan raihan 126 emas, 99 perak, 71 perunggu.

“Terima kasih banyak untuk semua kerja keras semua pihak yang sudah melakukan yang terbaik, mulai dari persiapan sampai hari ini. Kami berterima kasih akhirnya kita bisa mendapatkan medali terbanyak dan itu hadiah besar untuk Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti usai menyerahkan medali emas beregu putra Voli Pantai.

Ia berharap Kontingen Mahasiswa Indonesia dapat terus termotivasi untuk berpretasi bagi Merah Putih.  “Semoga semuanya tetap semangat dan menjaga sportivitas dan menjadi atlet andalan Indonesia,” kata Suharti.

Lantas apakah akan ada apresiasi khusus bagi para peraih medali? Suharti mengatakan Kemenristekdikti sudah merancangnya. Meski demikian, ia masih belum mau menjelaskan secara detail.

“Tentu pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek akan memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali. Nanti bu (Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek Maria Veronica Irene Herdjiono) dan tentu tidak akan kami sampaikan sekarang, akan kami sampaikan berikutnya,” ujar Suharti.

Sebagai informasi, torehan sejarah baru yang dibuat Kontingen Mahasiswa Indonesia di AUG sekaligus menyempurnakan rentetan prestasi yang pernah diraih  di kancah internasional. 

Pada FISU World University Games - sebelumnya dikenal dengan Universiade - tahun 2021 di Chengdu, Del Asri yang saat itu juga menjadi Ketua Kontingen berhasil mengantarkan Merah Putih menempati ranking 15 dengan raihan 4 emas dan 3 perak.

Sementara itu, Ketua Kontingen Mahasiswa Indonesia Del Asri bersyukur karena selain menggenapi target juara umum, atlet-atlet Indonesia juga mampu membuat sejarah dengan mencatatkan rekor baru di AUG. Setidaknya, tambah Del Asri, ada lima rekor baru yang dicatatkan di AUG 2024 (lihat data).

“Alhamdullilah. Sebagai Ketua Kontingen saya berterima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, dan semua pihak. Terutama Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” kata Del Asri.

Sejarah dan Rekor Kontingen Indonesia 

1) Indonesia memecahkan Rekor Raihan Emas terbanyak AUG dengan 126 Emas. Rekor sebelumnya dipegang Thailand dengan 109 Emas pada 20th AUG 2022 Ubon Ratchani

2) Indonesia tercatat sebagai negara paling sering menjadi Juara Umum AUG. Untuk ke 10 kalinya Indonesia menjadi juara umum, dengan pesaing terketat adalah Thailand yang memegang rekor 8 kali juara umum

3) Indonesia terakhir kali menjadi juara umum pada 17th AUG 2014 Palembang dengan perolehan 66 Emas 78 Perak 46 Perunggu

4) Indonesia dan Thailand merupakan negara paling sering menjadi tuan rumah AUG sebanyak 5 kali. Tercatat, Indonesia dan Thailand memegang rekor yang sama tampil sebagai juara umum saat menjadi tuan rumah, yakni sebanyak empat kali. Uniknya satu-satu kegagalan Thailand ketika menjadi tuan rumah 1st AUG 1981 di Chiang Mai dimana Indonesia menjadi juara umum, sementara Indonesia ketika menjadi tuan rumah 12th AUG 2004 Surabaya dimana Thailand menjadi juara mum.

5) Indonesia pada 21st AUG 2024 berhasil menjadi juara umum di 14 dari 21 cabang olahraga/sub cabang olahraga yang dipertandingkan di Surabaya-Malang, yaitu 1) Archery; 2) Athletics; 3) Basketball 3x3; 4) Bridge; 5) Chess; 6) Futsal; 7) Judo; 8) Karate; 9) Pencak Silat; 10) Sport Climbing; 11) Swimming; 12) Taekwondo; 13) Tennis; 14) Wushu.(her/hjr)

#ASEAN University Games