Sabtu, 22 Juni 2024

Kemenag RI Pastikan Layanan Haji di AHES Berjalan Lancar

Diunggah pada : 18 Mei 2024 16:16:35 42
Foto : Dok. Humas Kanwil Kemenag Jawa Timur

Jatim Newsroom - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memastikan, bahwa layanan penyelenggaraan bagi para jemaah haji yang berada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) berjalan dengan baik dan lancar. 

Melalui pers rilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, pada Sabtu (18/5/2024) disampaikan, bahwa pernyataan Kemenag RI tersebut diungkapkan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama, Faisal dan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, saat memantau secara langsung layanan penyelenggaraan ibadah haji di AHES. 

“Kami ingin memastikan apakah semua rencana layanan di AHES haji berjalan seperti yang kita harapkan mulai dari sejak proses penerimaan, layanan kamar, layanan konsumsi dan semua layanan lain berjalan seperti yang kita tetapkan (sesua SOP),” tutur Faisal

Lebih lanjut, Faisal menerangkan, ketika Ia menanyakan secara langsung kepada jemaah terkait layanan haji, para jemaah merasa puas.

“Alhamdulillah tadi saya mengunjungi langsung para jemaah di kamar, semua menyatakan puas dengan layanan yang ada. Semua lancar dan tidak bertele -tele,” terangnya.

Faisal pun mengungkapkan, bahwa Menteri Agama memerintahkan supaya layanan dipercepat, seremonial pemberangkatan dipersingkat dengan harapan jemaah haji segera berangkat ke tanah suci tanpa menunggu terlalu lama rangkaian proses yang ada.

Sementara itu, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, memberikan catatan ketika jemaah tiba dari daerah di Embarkasi Surabaya. 

"Alhamdulillah sejauh ini layanan di Embarkasi Surabaya sudah baik namun ada beberapa yang perlu ada penyempurnaan dari kedua aula kedatangan jemaah tersebut. Namun prinsipnya jemaah bisa terlayani dengan baik dan secepatnya jemaah menuju kamar untuk beristirahat," kata Saiful Mujab.

Diketahui, pada agenda itu Faisal dan Saiful pun meninjau langsung layanan fast track di Bandara Juanda, terminal 1, gate 14 dan 15. 

"Memang karena pertama kali fast track ada di Surabaya, ada kalanya mengalami kendala. Tapi bisa teratasi. Oleh karena itu kami juga sempurnakan jika ada catatan," jelas Faisal.

Dikatakan Faisal, layanan fast track pada musim haji 2024 dilakukan di Surabaya, Solo dan Jakarta. 

"Dengan adanya layanan fast track ini yang mempermudah jemaah ketika tiba di Arab Saudi, perlu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar jemaah siap," tambah Faisal.

Tak hanya itu, Saiful Mujab pun memastikan, selama sepekan operasional penyelenggaraan ibadah haji 2024 di Embarkasi Surabaya dan Embarkasi lainnya berjalan dengan lancar dan masing-masing Embarkasi menggunakan sistem pelayanan satu pintu.

"Alhamdulillah selama keberangkatan jemaah haji dari tanggal 12 sampai 17 Mei atau masuk sepekan keberangkatan jemaah haji ke tanah suci sudah berjalan lancar. Tapi kami terus evaluasi agar memberikan kemudahan jemaah ketika tiba di asrama haji sehingga bisa terlayani dengan baik," paparnya.

Kepada jemaah haji, Saiful mengimbau, supaya tetap menjaga fisik, karena ibadah haji merupakan ibadah yang banyak menggunakan fisik. 

"Saya mohon kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan, ikuti imbauan petugas selama di tanah suci. Kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat, agar fisik tetap terjaga selama beribadah," imbaunya.

Sebagai informasi, sampai dengan Jumat (17/5/2024) sebanyak 25 kloter dengan total 9.273 orang sudah diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya ke Madinah. (vin/s) 

#Calon jamaah haji Embarkasi Surabaya #Haji #Kemenag #AHES #Haji 2024 #Asrama Haji #Berita Haji 2024