Senin, 28 November 2022

Kembangkan Potensi Generasi Muda di Desa, Bupati Ikfina Bina Karang Taruna

Diunggah pada : 23 November 2022 8:44:56 10
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto.

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto menggelar pembinaan bagi karang taruna desa se-wilayah eks pembantu Bupati Mojokasri yang terdiri dari empat Kecamatan yakni Kecamatan Dawarblandong, Jetis, Gedeg, dan Kemlagi.

Pembinaan bagi karang taruna tersebut digelar untuk menguatkan kelembagaan karang taruna serta mengembangkan potensi generasi muda yang diharapkan dapat terlihat aktif dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial.

Kegiatan ini diikuti sedikitnya 76 peserta yang meliputi Ketua Karang Taruna dan Kepala Seksi Kemasyarakatan. Program pembinaan karang taruna yang digelar di Kantor Kecamatan Dawarblandong, Selasa (22/11/2022) ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Try Raharjo Murdianto dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengatakan bahwa pemberdayaan karang taruna dinilai penting, maka harus ada suatu proses pengembangan, kemampuan, kesempatan, dan pemberian kewenangan kepada karang taruna. Tentunya untuk meningkatkan potensi, pencegahan, dan penanganan permasalahan sosial serta pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya sosial, dan teknologi.

"Jadi tidak melulu harus bikin apa yang sekarang lagi ngetren jangan. Tetapi  potensinya apa yang ada di situ,” ungkapnya seperti dilansir di laman resmi Diskominfo Kabupaten Mojokerto. 

Kabupaten Mojokerto, lanjutnya, memiliki potensi pemuda yang luar biasa. Maka kalau dilihat dari jumlah penduduk usia 13 s.d. 45 tahun, Kabupaten Mojokerto tahun 2022 memiliki sekitar 584.601 pemuda. Sehingga rata-rata per desa terdapat 1.923 pemuda.

"Ini adalah potensi yang sangat luar biasa, anda semuanya harus menjadi pelopor bagi hampir 2000 pemuda di desanya masing-masing. Kalau tidak ada yang menjadi pelopor maka mereka tidak akan terorganisir dan tidak punya arah yang jelas apa yang akan mereka bisa lakukan untuk dirinya sendiri, untuk para pemuda yang lain, dan untuk masyarakat desanya, harus ada yang mempelopori," mintanya.

Maka, dengan potensi pemuda yang sangat luar biasa, Bupati Ikfina meminta para peserta agar bisa melihat serta memanfaatkan dan mengerjakan potensi yang ada di sekitarnya. Karena potensi di tempat satu dengan yang lain pasti tidak akan sama.

"Sudah saatnya kita memikirkan bersama-sama apa yang harus kita lakukan untuk masyarakat kita, untuk para pemuda-pemuda yang ada di tempat kita masing-masing. Memanfaatkan semua untuk berkembang, untuk menghasilkan sesuatu yang positif dan produktif, tentunya dalam wadah-wadah yang sudah disediakan oleh negara yaitu wadah karang taruna," pungkasnya. (idc/n)

#Bupati Mojokerto #karang taruna