Jumat, 29 Maret 2024

Kelompok Asuhan Mandiri Kelurahan Wates Kenalkan Produk Olahan Makanan Herbal

Diunggah pada : 15 Maret 2023 11:26:38 126
Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom – Kelompok Asuhan Mandiri (Asman) Kesehatan Tradisional Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto meluncurkan berbagai produk makanan herbal, Selasa (14/3/2023).

Macam-macam olahan makanan herbal seperti dawet lidah buaya, stik kelor, manisan blimbing wuluh, permen jeli jeruk, kue temu lawak, teh daun telang, dan abon ontong pisang bisa dibeli oleh masyarakat di Kantor Kelurahan Wates, Puskesmas Wates, atau juga bisa di pesan melalui nomor 085815549462.

“Mereka ini mengembangkan tanaman-tanaman toga secara mandiri. Selain bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional, mereka juga membuat makanan olahan dari bahan-bahan herbal tersebut,” ujar Lurah Wates, Amanullah Widi Prawiro Buwono sebagaimana dipublikasikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto. 

Selain mengenalkan produk olahan makanan herbal, juga dilakukan senam bersama Yankestrad (Layanan Kesehatan Tradisional) Sugih Waras, yang saat ini memiliki inovasi WALI KESURGA (Wates Peduli Kesehatan Melalui Akupresure dan Toga).

“Jadi komunitas Yankestrad ini melakukan kunjungan ke anak-anak yang stunting, kemudian dilakukan pemijatan, memberikan ramuan herbal untuk ikut serta mengatasi anak-anak yang stunting,” terang Widi.

Penanggungjawab Yankestrad, Irra Repelita, mengatakan saat ini di Kelurahan Wates memiliki sebanyak 26 kelompok Asuhan Mandiri dengan masing-masing anggota sejumlah 5 hingga 10 orang. Sementara Penyehat Tradisional (Hattra) 10 orang anggota.

“Tugas mereka adalah transfer ilmu, melakukan pembinaan ke masyarakat, seperti melatih pijat bayi, membuat olahan makanan sehat, posyandu lansia dan sebagainya," ujarnya.

Ke depan Irra berharap Paguyuban Yankestrad Sugih Waras Kelurahan Wates yang terdiri dari Hattra dan kelompok Asman ini akan semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas sehingga mampu memberikan manfaat Kesehatan bagi warga Kota Mojokerto. (idc/n)

#Kota Mojokerto #Kelompok Asuhan Mandiri #Produk Olahan Makanan Herbal