Selasa, 29 November 2022

Kelola Bisnis di Tengah Pandemi, PJB Group Raih TOP GRC Award

Diunggah pada : 7 September 2022 17:09:01 38
Penghargaan TOP GRC Award 2022

Jatim Newsroom- PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) mendapatkan dua penghargaan TOP GRC Award 2022. Dua penghargaan tersebut adalah Top GRC 2022 #Stars 4 bagi PJB dan The Most Committed GRC Leader 2022 bagi Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan. Prestasi juga ditorehkan oleh Anak Perusahaan PJB yakni PT Rekadaya Elektrika (PT RE) dan PT Pembangkitan Jawa-Bali Investasi (PJBI) yang masing-masing mendapatkan penghargaan berupa Top GRC 2022 #Stars 4 bagi PT RE dan The Most Committed GRC Leader 2022 bagi Direktur Utama PT RE serta Top GRC 2022 #Stars 3 bagi PJBI dan The Most Committed GRC Leader 2022 bagi Direktur Utama PJBI

Prestasi yang dianugerahkan pada Selasa, 6 September di Jakarta ini menjadi simbol PJB telah mengaplikasikan Good Corporate Governance (GCG), Risk Management, dan Compliance Management yang baik dan mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan.  

Pandemi COVID-19 sepanjang tahun 2020-2021 berdampak pada berbagai sektor ekonomi termasuk sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Penurunan pertumbuhan permintaan energi listrik di Indonesia mengakibatkan penjualan energi listrik di Sistem Jawa-Bali tahun 2020 mengalami penurunan sebesar -3,49% dibandingkan tahun 2019. Turunnya penjualan energi listrik di Sistem Jawa-Bali secara tidak langsung juga mempengaruhi penjualan energi listrik PJB. 

Pada tahun 2021, PJB berhasil meningkatkan kinerjanya. Hal ini ditunjukkan dengan realisasi penjualan energi listrik tahun 2021 sebesar 19.848,44 GWh atau meningkat 15,96% dari penjualan energi listrik tahun 2020 (17.117,04 GWh) dan tercapai 107,06% dari target RKAP 2021.

Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, khususnya karyarawan PJB yang senantiasa menjaga kinerjanya di tengah pandemi Covid-19. 

"Terima kasih atas kerja keras dan cerdas semua pihak yang terlibat, khususnya karyawan PJB yang tiada hentinya menelurkan inovasi di tengah pandemi. Kinerja yang apik dari PJB terbayarkan dengan tidak berhentinya pasokan listrik kami untuk masyarakat Indonesia', ucap Gong Matua dalam siaran tertulis, Rabu (7/9/2022).

Setidaknya ada empat respon survival yang dilakukan PJB di masa pandemi. Pertama berkaitan dengan Workforce Protection, yakni menjaga kesehatan dan keamanan seluruh karyawan. Kedua terkait Operational Continuity dimana perusahaan melakukan upaya perusahaan beroperasi di tengah pandemi. Ketiga terkait Business Response, yakni mengambil corrective action jangka pendek dan menengah namun bersifat strategis dengan dampak yang nyata bagi PJB maupun PT PLN. Sedangkan keempat terkait Revisioning Business, agar dampak COVID-19 tidak sampai mengganggu kegiatan operasional perusahaan.

Penghargaan kedua yang didapatkan PJB adalah The Most Committed GRC Leader. Penghargaan ini diberikan kepada Busines Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem dan infrastruktur serta kebehasilan implementasi GRC di perusahaan. Sistem, infrastruktur, dan keberhasilan GRC di perusahaan, akan sulit dijalankan dengan baik, jika Top Business Leader-nya tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap GRC.

Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2022, M. Lutfi Handayani mengatakan penghargaan ini sebagai kegiatan penghargaan GRC yang tertinggi dan terbesar di Indonesia. Penghargaan ini juga mengedepankan aspek pembelajaran bersama tentang Good Corporate Governance (GCG), Risk Management, dan Compliance Management.

“Tujuan dari penyelenggaraan TOP GRC Awards ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi GRC Terintegrasi,” ujarnya. (hjr)

#PLN #PJB #PLN UID Jatim