Sabtu, 20 April 2024

Kedubes Amerika Tawarkan Kerjasama dan Investasi ke Pengusaha Jatim

Diunggah pada : 18 April 2022 15:28:36 180
Caption : Tommy Kaihatu wakil ketua umum bidang perdagangan internasional dan Promosi luar negeri dan pengurus Kadin Jatim saat menerima Kunjungan Kerja Gabungan Kedubes AS, Konjen AS di Sby, dan Perwakilan dari U.S. Trade and Development Agency ke Kadin jatim

Jatim Newsroom- Guna meningkatkan investasi di Jawa Timur, Amerika Serikat menawarkan peluang kerjasama kepada pengusaha Jawa Timur. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Internasional dan Promosi Luar Negeri Kadin Jatim Tommy Kaihatu.

Ia menjelaskan penawaran peluang kerjasama tersebut disampaikan langsung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat Bagian Perdagangan, Amerika Paul A. Taylor saat berkunjung di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim beberapa waktu yang lalu. “Amerika masih menjadi negara utama tujuan ekspor non migas Jatim yang kontribusinya cukup besar,”ujarnya, di Surabaya, Senin(18/4/2022).

Dikatakannya bahwa pihak Amerika mengusulkan pengusaha Jawa Timur membuka kantor perwakilan disana."Kami sangat mendukung sekali usulan tersebut karena kami memiliki agenda untuk  meningkatan ekspor ke Amerika. Nanti ya, kantor perwakilan tersebut akan dipakai sebagai Hub bagi UMKM. Kantor itu yang akan langsung bersentuhan dengan buyer di Amerika," tandasnya.

Untuk itu, Kadin Jatim akan berkoordinasi dan melakukan filterisasi UMKM yang akan difasilitasi disana, karena tidak mungkin semua UMKM ditampung. "Jumlah UMKM di Jatim kan mencapai sekitar 6 juta UMKM, makanya kami akan lakukan filterisasi.

Untuk merealisasikannya, Kadin Jatim akan berkoordinasi dengan Diaspora yang ada di Amerika Serikat, karena untuk membuka kantor perwakilan di Amerika Serikat itu tidak mudah, bagaimana ijinnya dan bagaimana aturannya. “Karena kami bukan warga negara Amerika dan juga bukan pemegang permanent resident, makanya kami akan menggunakan diaspora. Tetapi pada prinsipnya mereka terbuka untuk kita berinvestasi disana" terang Tommy.

Ia menambahkan kedatangan Konselor Perdagangan Kedubes Amerika Paul A. Taylor memiliki dua tujuan, pertama meningkatkan hubungan baik antara perusahaan Amerika dengan perusahaan Jatim dan kedua memperkenalkan program investasi di Amerika kepada perusahaan di Jatim serta memberikan informasi  bahwa pada tanggal 26-29 April besok, kami akan melakukan Investment summit.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim menunjukkan, ekspor non migas Jatim ke Amerika Serikat sepanjang 2021 mencapai 3,525 juta dollar AS atau kisaran 2,78 persen dari total nilai ekspor Jatim tahun 2021 sebesar 21,301 juta dolar AS. (mad/hjr)

 

 

#jatim #pemprov jatim #kadin