Kamis, 28 Maret 2024

Kaskoarmada II Buka Pelatihan Penegakan Hukum dan Keamanan Laut

Diunggah pada : 1 November 2022 19:23:38 33
Pembukaan latihan penegakan hukum dan keamanan laut TA 2022

Jatim Newsroom-Kaskoarmada II Laksma TNI, Andi Abdul Azizmewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, MMS membuka latihan penegakan hukum dan keamanan laut TA 2022 bertempat di Puslatkaprang Kolat Koarmada II, Selasa (1/11/2022).

Latihan Penegakan Hukum di Laut melibatkan 286 orang dengan rincian 256 orang pelaksana latihan sedangkan sisanya 30 orang merupakan pendukung, dan bertindak selaku Ketua KPL Komandan Satran Kolonel Laut (P) Khalimul Khakim. Adapun tema pada latihan ini “Koarmada II Melaksanakan Latihan  Penegakan Hukum dan Keamanan Laut TA 2022 di Wilayah Perairan Koarmada II Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

Dalam sambutan Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Prajurit Koarmada II di bidang Penegakan Hukum dan Keamanan Laut, menyamakan pola pikir dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan Operasi Keamanan Laut, dengan materi yang dikembangkan berupa mekanisme dan prosedur Jarkaplid secara benar dan aman, simulasi proses penyelesaian berbagai bentuk tindak pidana di laut oleh KRI/KAL dan Pangkalan, keterpaduan dalam pola pikir dan pola tindak, diskusi serta pemecahan masalah.

Dengan kegiatan ini diharapkan para peserta dapat lebih memahami dan mengerti pedoman tentang penanganan hukum di laut, untuk itu perlu dilaksanakan latihan secara berlanjut dan bertingkat yang pada akhirnya memberi keyakinan pada pelaksanaan tugas-tugas yang diemban Koarmada II. Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar prajurit TNI AL dapat menguasai dan mematuhi hukum baik hukum nasional maupun internasional. (hjr)

#Koarmada II