Sabtu, 20 April 2024

Kasal Resmikan Gereja Katolik Santo Yosafat

Diunggah pada : 24 Oktober 2022 19:32:24 2335
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono menandatangani prasasti tanda peresmian Gereja Katolik Santo Yosafat

 

Jatim Newsroom -Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Gereja Katolik Santo Yosafat Jl KRI Yos Sudarso Bahari Surabaya, Senin (24/10/2022).

Turut mendampingi, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono,  Pangkoarmada RI, Laksdya TNI Heru Kusmanto, Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, para pejabat utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya, dan Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Mayjen TNI (Mar) Purn Soenarko G.A serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan, peningkatkan profesionalisme harus ditopang prasarana pendukung mulai dari fasilitas olahraga, perumahan dan sarana ibadah.  "Pada hari ini kita tentunya hadir untuk meresmikan rumah ibadah, jadi rumah ibadah tidak hanya Gereja saja namun juga Masjid juga ada Pura, ungkap Kasal.

Dikatakannya, jajaran angkatan laut berkomitmen meningkatkan sarana prasarana bagi prajurit dan diharapkan bisa bersinergi dengan masyarakat. "Kedepan prajurit angkatan laut harus bisa bersinergi dengan masyarakat sekitar sehingga  fasilitas-fasilitas yang kita bangun seperti tempat rekreasi keluarga dan tempat ibadah  bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, harapnya.

Pembangunan rumah ibadah lanjut Kasal, menjadi simbol yang sangat baik akan kuatnya toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia khususnya di lingkungan Angkatan Laut.

Kemajemukan serta kerukunan dan toleransi adalah kunci kekuatan bangsa,  gereja ini juga dibangun dengan dana swadaya hal tersebut menandakan tumbuh suburnya kesadaran religius prajurit dan keluarga besar Angkatan Laut, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Gereja ini terbangun atas partisipasi dari berbagai pihak sehingga hal tersebut menunjukkan bukti tingginya semangat gotong royong budaya luhur bangsa Indonesia yang sekarang dikeluarkan kembali oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih secara beresi kepada seluruh donatur panitia pembangunan dan semua pihak yang telah berkontribusi," imbuhnya.

Gereja Katolik Santo Yosafat ini diperuntukan bagi prajurit TNI AL, keluarga prajurit, Purnawirawan, serta masyarakat umum, dibangun sejak tanggal 22 September 2020 lalu, dengan luas lahan 5.040 meter persegi dan luas bangunan 1.800 meter persegi. Bangunan tersebut terdiri dari dua lantai, berarsitektur modern minimalis, mampu menampung 1100 jemaat serta 300 kendaraan. (hjr)

#Kasal #TNI AL