Kamis, 25 April 2024

Kapolres Bersama Dandim Bojonegoro Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022

Diunggah pada : 22 Desember 2022 12:07:58 133
Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si bersama Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto

Jatim Newsroom - Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, bersama Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Lilin Semeru 2022 di halaman Mapolres Bojonegoro, Kamis(22/12/2022).

Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, dalam arahannya menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengatakan, bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. 

"Diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif," katanya.

Masih dalam amanatnya, Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan Patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai 3 Januari hingga 9 Januari 2023.

Guna mendukung berbagai upaya pengamanan pada Operasi Lilin 2022, dioptimalkan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan, sehingga pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat guna untuk menghadapi perkembangan dinamika situasi di lapangan. 

"Selain itu, perkuat juga strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi. Pastikan setiap pemberian informasi tidak hanya sent, namun juga delivered, sehingga masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan," ujarnya.

Perlu digaris bawahi, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. "Saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita," tambahnya.

Dikatakannya, Polres Bojonegoro sudah menyiapkan Pos Pam - Pos Yan, untuk Pos Pam berada di di Pos Lantas Jambean dan di perbatasan Jawa Timur – Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Padangan perbatasan dengan Cepu Jawa Tengah, Pos Yan berada di jalan Mastumapel. "Tentunya kita semua akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," pungkasnya.

Lebih lanjut, Muhammad, mengatakan, jajaran Forkopimda Bojonegoro bersama-sama stakeholder terkait siap mengamankan rangkaian ibadah Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan kegiatan ibadah maupun kegiatan pergantian tahun.

Pantuan di lokasi, Apel Gelar Pasukan Ops. Lilin Semru 2022 juga dihadiri Bupati Bojonegoro diwakili Kasatpol PP, Kajari Bojonegoro, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro, Danki 3 Yon C Sat Brimob Polda Jatim, Dan Subdenpom V/2-1 Bojonegoro, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bojonegoro, para Pejabat Utama (PJU) Polres Bojonegoro, Karumkit RS. Bhayangkara Bojonegoro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bojonegoro, Ketua Senkom Polri, Ketua Rapi, Ketua ORARI, Ketua Palang Merah Indonesia(PMI) Bojonegoro, Sektretaris BKP, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Untuk peserta Apel Gelar Pasukan diikuti dari Sub Denpom V/2-1 Bojonegoro, Kodim 0813/Bojonegoro, Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim, Perwira dan staf gabungan Polres Bojonegoro, Sat Samapta, Sat Lantas, gabungan Sat Intelkam, Reskrim, Reskoba, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan, Dokpol RS. Bhayangkara Bojonegoro, PMI Bojonegoro, Senkom Polri, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Organisasi Amatir Radio Indonesia(ORARI), Bojonegoro Kampung Pesilat(BKP) dan Saka Bhayangkara.

Dalam Apel Gelar Pasukan dilakukan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Semeru 2022 oleh pimpinan apel kepada perwakilan dari TNI-Polri dan instansi terkait.

Selesai Apel Gelar Pasukan Ops. Lilin semeru 2022 dilanjutkan pemeriksaan pasukan dan kendaraan motor (Ranmor) dinas oleh jajaran Forkopimda didampingi tamu undangan lainnya.(ern/s)

#Kabupaten Bojonegoro