Senin, 24 Juni 2024

Kanwil Kumham Jatim Lakukan Monev KKP HAM dan Pelaporan Capaian Aksi HAM

Diunggah pada : 17 Juli 2023 15:47:42 42
melaksanakan koordinasi terkait Monitoring dan Evaluasi Kabupaten Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM) dan pelaporan capaian Aksi HAM B-04 pada bagian hukum Kabupaten Blitar.

Jatim Newsroom- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kanwil Kemenkumham)  Jawa Timur melaksanakan koordinasi terkait Monitoring dan Evaluasi Kabupaten Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKP HAM)  dan pelaporan capaian Aksi HAM B-04 pada bagian hukum Kabupaten Blitar.

Tim Bidang HAM dipimpin Kabid HAM Wiwit Iswandari, menyampaikan evaluasi ini dilakukan dalam rangka melakukan pemantauan pelaksanaan pelaporan aksi HAM guna mengidentifikasi permasalahan dan mengantisipasi permasalahan yang akan timbul dari pelaksanaan pelaporan aksi HAM B-04."Hasil evaluasi oleh Direktorat Jenderal HAM, Kabupaten Blitar pada tahun 2022 belum mencapai target KKP HAM yang baik yakni predikat peduli HAM,"ujarnya dalam rilis Kanwil Kemenkuham Jatim yang diterima, Senin(17/7/2023).

Keberhasilan dalam pengumpulan data dukung dalam pemenuhan dokumen Aksi HAM ini memerlukan kerja sama yang sinergi antar OPD dengan Bagian Hukum Kabupaten, Sekretaris Daerah selaku Koordinator dan Bappeda.Sementara OPD yang diberi kewenangan mengunggah data dukung dimaksud pada Aplikasi KSP (Kantor Staf Presiden) masih belum optimal, ini merajuk hasil dari Pelaporan Aksi HAM pada B04 milik Kabupaten Blitar masih belum lengkap, urainya.

Kepala Subbidang Pemajuan HAM Ratno Suhartono  menyampaikan melalui Monev ini, Kanwil Kemenkumham Jatim mendorong dan meningkatkan komitmen Kabupaten/ Kotauntuk dapat mempertahankan maupun meraih predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM pada penilaian di Tahun 2023 ini, tuturnya.

Eka Purwanta mengapresiasi langkah yang diinisiasi jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim, dalam Monev capaian Aksi HAM B-04, "Kami segera akan lakukan perbaikan dan peningkatan pada Pelaporan KKP HAM sehingga target capaian Kabupaten Blitar peduli HAM tahun ini daapt terwujud", jelasnya. (mad/hjr).

#Kemenkumham Jatim