Kamis, 25 April 2024

Kampus UNESA Jatim Jadi Lokasi Acara Sarasehan Ilmu Keolahragaan

Diunggah pada : 18 Oktober 2022 13:23:02 52
Menpora RI dalam Sarasehan Ilmu Keolahragaan bertajuk “Damailah Sepak Bola Indonesia” di Kampus UNESA, Selasa (18/10/2022).

Jatim Newsroom – Pemangku kepentingan di bidang olahraga berkumpul dalam sarasehan Ilmu Keolahragaan bertajuk “Damailah Sepak Bola Indonesia” di Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Selasa (18/10/2022). 

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali yang hadir secara daring mengatakan bahwa tinjauan sosiologis melalui forum akademik seperti ini menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk perbaikan persepakbolaan nasional. Apalagi, setelah ada tragedi Kanjuruhan. 

"Bapak Presiden RI pun juga fokus pada salah satu cabang olahraga ini. Sepakbola tidak hanya menjadi perhatian nasional, tetapi dunia. Jadi kita harus memikirkan bagaimana bisa enak ditonton hingga bisa berujung mencetak prestasi," terangnya. 

Salah satu hal yang juga perlu menjadi perhatian adalah terkait supporter. Salah satu pasal dalam Undang-undang (UU) nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan menekankan mengenai ini. 

"Tentang hak dan kewajiban supporter. Bagaimana supporter harus terorganisir, terdata, punya AD/ART, punya keanggotaan, punya hak untuk memiliki klub dan lain sebagainya," kata Menpora RI. 

Turut hadir dalam acara ini antara lain rektor UNESA, Nurhasan; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur, Pulung Chausar; Sosiolog Universitas Indonesia, Imam B Prasodjo; Tokoh Pendidikan Karakter UNESA, Muchlas Samani; Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim, Ahmad Riyadh; Perwakilan Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia, Agus Kristiyanto; dan Koordinator Supporter Indonesia, Ignatius Indro. (idc/n)

#olahraga #unesa #Menpora RI