Kamis, 6 Oktober 2022

Kakanwil: Kedepankan Rasa Malu Dalam Bekerja

Diunggah pada : 8 Juli 2022 13:25:40 43
Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji

Jatim Newsroom-Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji meminta jajarannya mengedepankan rasa malu dalam bekerja. Tujuannya agar pegawai lebih bertanggungjawab dan diberikan kelancaran dalam bekerja. "Yang harus diutamakan itu rasa malu, bukan rasa takut," ujar Zaeroji saat memimpin rapat internal dengan pejabat struktural dan staf.

Menurut Zaeroji, rasa malu punya dampak yang lebih dalam bagi diri. Sehingga, manusia secara natural akan menghindari hal-hal yang membuatnya malu. Dia mencontohkan sikap-sikap yang memalukan adalah berbuat indispliner hingga melalukan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. "Jika rasa takut dihadapi bersama, kita jadi berani, tapi kalau rasa malu, tergantung pribadi masing-masing," tuturnya.

Dia menegaskan bahwa zaman sudah berubah. Sehingga, PNS sebagai pelayan masyarakat harus bisa mengikuti ritme yang ada. Kalau tidak, maka harus siap tergilas. "Terima kasih telah bersemangat selama ini menjadi bagian dari upaya meraih predikat WBBM. Jangan diciderai dengan hal-hal kecil," ujarnya.

Selanjutnya, pria kelahiran Samarinda itu menyoroti terkait capaian kinerja semester I. Saat ini serapan anggaran sudah 48,2%. Sudah mendekati 50%. Saya terima kasih kepada teman-teman jajaran. "Saat ini sudah menginjak semester II, semua kegiatan yang direncanakan harus dipastikan berjalan dengan baik," tuturnya.

Selanjutnya, Zaeroji menekankan agar PPK dan Bendahara harus jeli dalam mengelola keuangan. Menurutnya, uang negara harusdipertanggungjawakan walau hanya 1 rupiah. "Untuk itu saya minta PPK dan bendahara agar tetap konsisten mengeluarkan anggaran sesuai rincian yang ada," tegasnya.

Selain itu, Zaeroji berharap seluruh jajaran agar menjaga kedisiplinan. Seluruh kepala divisi dan struktural harus memastikan jajarannya datang apel. Kalau tiga kali absen, harus ada pembinaan khusus.

Pelayanan kepegawaian, menurutnya, harus dioptimalkan. Jangan sampai ada penyimpangan. "Pelayanan itu tidak hanya untuk publik, tapi juga internal kepegawaian tolong juga ditingkatkan," tutupnya. (mad)

#Kanwil Kemenkumham Jatim