Senin, 22 Juli 2024

Kajian Masjid Raya Islamic Center. Dua Dimensi Puasa Ramadan Harus Ditanamkan Umat Muslim

Diunggah pada : 9 April 2023 0:38:49 204
.H. Achmad Muhibin Zuhri. M.Ag saat Kajian Ramadan Sebelum Berbuka Puasa di Masjid Raya Islamic Center Surabaya, Sabtu (8/4/2023). (Mok)

Jatim Newsroom – Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang diwajibkan bagi umat Muslim. Puasa Ramadan ini memiliki dua dimensi ditanamkan pada setiap muslim yang pertama dimensi spiritual.

Dimana dimensi spiritual ini harus dilakukan dengan keyakinan dan keimanan yang kuat. Kedua yaitu, memiliki Dimensi Sosial yang sangat penting bagi umat Muslim.

Hal ini disampaikan K.H. Achmad Muhibin Zuhri. M.Ag saat Kajian Ramadan Sebelum Berbuka Puasa di Masjid Raya Islamic Center Surabaya, Sabtu (8/4/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, puasa sebagai sarana pengendalian diri, karena pada saat berpuasa seseorang harus mampu menguasai dirinya dari dorongan-dorongan yang bersifat kesenangan atau materi, karena menahan diri untuk tidak makan-minum, juga tidak berhubungan seksual, padahal sebenarnya mampu untuk melakukan semua itu.

Tidak hanya itu, Puasa meningkatkan empati dan solidaritas sosial terhadap sesama manusia. Rasa lapar dan haus ketika berpuasa memberi kesempatan tubuh seseorang untuk ikut merasakan penderitaan orang lain yang tidak makan-minum berhari-hari.

Puasa mengajarkan tentang persaudaraan sejati. Dengan melatih diri ikut merasakan penderitaan orang lain, maka mulai muncul kepedulian terhadap orang lain tersebut, tanpa memperhitungkan latar belakang agama, suku, budaya, status sosial dan seterusnya. Inilah yang sebelumnya di sebut dengan menghargai kemanusiaan, satu bentuk perilaku takwa.

Selain itu, puasa Ramadan juga mendorong orang untuk berbagi dengan yang kurang beruntung melalui amalan zakat atau sedekah. Dalam hal ini, puasa Ramadhan dapat meningkatkan kepedulian sosial dan membantu mengurangi kesenjangan sosial antara individu dan kelompok.

Semoga dua deminsi tersebut kita bisa raih selama bulan ramadan ini. Sehingga puasa kita mendapatkan manfaat dan berkah, serta diridhoi oleh Allah SWT,” pungkasnya. (Pca/hjr)

 

 

#Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur #pernik ramadan 2023 #kajian menjelang berbuka