Kamis, 13 Juni 2024

Kafilah Jatim Juara Umum pada MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan

Diunggah pada : 19 Oktober 2022 2:05:04 870
Kafilah Jatim di arena penutupan MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan

Jatim Newsroom - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ ) Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan Kafilah Jatim berhasil menjadi Juara Umum. Kemenangan ini menjadi kado istimewa bagi Provinsi Jatim yang tengah merayakan ulang tahun yang Ke-77 tanggal 12 Oktober dan  Hari Santri 22 Oktober 2022.

Kepastian kemenangan Kafilah Jatim menjadi Juara Umum, disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Hakim Prof Dr KH Said Agil Al Munawar pada penutupan MTQ Nasional Ke-XXIX Kalimantan Selatan di Kiram Park Kabupaten Banjar. 

Ketua III Lembaga Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Jatim, KH Abdul Hamid di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (28/10/2022) mengatakan, ajang MTQ tahun ini, Kafilah Jatim berhasil meraih  sebanyak 14 medali emas, p 4 medali perak dan 5 medali perunggu. Sementara juara kedua diraih oleh Kafilah DKI Jakarta dengan mengumpulkan 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Sementara tuan rumah Kalimantan Selatan menempati juara ketiga dengan 8 emas, 6 perak dan 4 perunggu.

Kemenangan MTQ tahun ini merupakan berulangnya sejarah prestasi Provinsi Jatim diajang MTQ Nasional, yang pernah juara umum MTQ Nasional pada tahun 1974, 1985 dan sekarang tahun 2022 sejarah kembali terulang.

Kafilah Jatim yang berlaga di Kalimantan Selatan diperkuat oleh 122 peserta, terdiri atas peserta lomba sebanyak 55 orang, official 28 orang, pembina 26 orang, pendamping peserta anak-anak 9 orang, tim humas  2 orang dan  tim medis 2 orang.

"Kemenangan Kafilah Jatim kali ini menjadi obat sekaligus penghibur bagi saudara kita disejumlah wilayah di Jatim yang tengah dilanda musibah banjir dan tanah longsor," kata Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Ia berharap, keberhasilan Kafilah Jatim ini sebagai penyemangat masyarakat Jatim untuk bisa menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk, rujukan dan akhlak dalam perilaku sehari-hari untuk Jatim Berkah. 

Diceritakannya, peserta yang mewakili Jawa Timur pada MTQN XXIX dipilih melalui seleksi para Juara (1,2,3) MTQ Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 di Pamekasan yang memenuhi syarat. Seleksi dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Malang dan dilakukan secara bertahap. Pembinaan Kolektif oleh Tim Pembina Jawa Timur dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 Mei 2022, 26 -29 Juli  2022 ditempat yang sama.

Dalam setiap momentum pembinaan juga dilaksanakan sholat malam berjamaah, istighosah, dan doa bersama serta silaturrahim kepada para guru, sesepuh, Kyai untuk mohon do’a. Kegiatan khotmil Qur’an juga dilakukan diseluruh kabupaten dan kota se- Jawa Timur secara bergiliran mulai tanggal 9 September sampai dengan 18 Oktober 2022 (40 hari) yang dikhususkan untuk kesuksesan Kafilah Jawa Timur dalam MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalimantan Selatan.

"Kegiatan itu semuanya menjadi ikhtiar batin untuk mendapatkan keberkahandan serta kemudahan saat berlaga di ajang MTQ Nasional," terangnya.

Abdul Hamid menambahkan, pembekalan terakhir peserta dilakukan tanggal 9 Oktober  2022 di Sidoarjo dan sekaligus dilakukan pelepasan oleh  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada tanggal 9 Oktober 2022 di Gedung Islamic Center Surabaya pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H. Dan keesokan harinya pada  tanggal 10 Oktober 2022 dilakukan pemberangkatan Kafilah Jatim  ke Banjarmasin.

"Pada MTQ Nasional tahun ini semua cabang yang dilombakan diikuti oleh Kafilah Jatim. Dan dari 54 peserta yang ikut lomba hanya 8 peserta yang tidak dapat juara asal Kafilah Jatim," katanya. (jal/n)

Rincian juara MTQ Nasional Ke-XXIX di Kalimantan Selatan tahun 3022, meliputi:

Juara 1:

- Juara 1 Tilawah Anak- anak Putri atas nama Lailatul Amelia

- Juara 1 Cabang Tuna Netra atas nama Muhammad Fatoni 

- Juara 1 Qiraat Murottal Dewasa 

Putra atas nama Muhammad Ali Nahawan Azmi Al Masbut

- Juara 1 Hizh 30 Juz Putri atas nama Sawabila Irfanah

- Juara 1 Tafsir Bahasa Arab Putra atas nama M Bagus Ma'sum

- Juara 1 Tafsir Bahasa Arab Putri atas nama Qurrota A'yun

- Juara 1 Tafsir Bahasa Indonesia Putri atas nama Dewi Yukha Nidha 

- Juara 1 Tafsir Bahasa Inggris Putra atas nama Ahmad Saifuddin Amin

- Juara 1 Tafsir Bahasa Inggris Putri atas nama Ummu Habibah 

- Juara 1 Fahmil Qur'an Beregu Putra (Ahmad Alif Azka, M Wahyudi Azzuhruf, M Zaim Muhyiddin)

- Juara 1 Fahmil Qur'an Beregu Putri (Fika Suni Salsabila, Niswatin Aulia, Rizkiyatul Fitriyah)

-Juara 1 Syarhil Qur'an Putri beregu (Sabrina Zarah Azzura, Andini Mahardika, Ayu Izun Nufah)

- Juara 1 Khat Al Qur'an Naskah Putra atas nama Rizky Ariyafadly Sutrisno

- Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an putri atas nama Yayuk Siti Khadijah 

Juara 2:

- Juara 2 Qiraat Murottal Dewasa Putri atas nama Ama Faridatul Husna Jamil

- Juara 2 Qiraat Murottal Remaja Putra atas nama Abdimas Ulumuddin 

- Juara 2 Hifz 1 Juz dan Tilawah Putra atas nama Ahmad Faiz Al Haqqi

- Juara 2 Hifz 1 Juz dan Tilawah Putri atas nama Cinta Wardatunnajah Amanatillah

Juara 3:

- Juara 3 Tilawah Dewasa Putra atas nama Dzaniyal Muhammad Chubaibillah

- Juara 3 Qiraat Mujawwad Dewasa Putri atas nama Rofi'atul Muna 

- Juara 3 Hifz 20 Juz Putra atas nama Ahmad Farhan 

- Juara 3 Tafsir Bahasa Indonesia Putra atas nama As'ad Daroini 

- Juara 3 Kaligrafi golongan Dekorasi atas nama Lathifah Hasibuan.

#MTQ Nasional 2022 #Juara Umum Kafilah Jatim