Kamis, 6 Oktober 2022

Kadivpas Minta Jajarannya Waspada Dalam Kondisi Apapun

Diunggah pada : 16 Juni 2022 8:00:08 88
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Teguh Wibowo telah mengunjungi Lapas Jember.

Jatim Newsroom-Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Teguh Wibowo telah mengunjungi Lapas Jember. Dia berpesan kepada seluruh jajaran agar selalu waspada dalam kondisi apapun. Teguh yang didampingi Kalapas Jember Hasan Basri mengingatkan agar jangan lengah untuk menjalankan amanah ini. Situasi yang selalu diwaspadai oleh seluruh petugas sudah menjadi kewajiban sebagai petugas pemasyarakatan. “Selalu waspada dalam kondisi apapun,” pesannya.

Teguh juga berpesan agar jajarannya menerapkan tiga kunci pemasyarakatan maju dan Back to Basic yang diperintahkan Dirjen Pemasyarakatan. Pertama adalah lakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban. “Apalagi di saat seperti ini, modus-modus baru akan selalu muncul agar bisa bertemu dengan keluarga,” terangnya, Kamis (16/6/2022).

Maka dari itu, lanjut Teguh, petugas lapas harus mempunyai jiwa intelijen yang tajam. Selanjutnya, Kadivpas meminta agar jajarannya tidak bermain main dengan Narkotika. Apalagi terlibat dalam peredaran gelap barang tersebut. "Antisipasi terhadap kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban, termasuk memberantas narkoba," tegasnya.

Dan yang tak kalah penting juga adalah petugas lapas harus membangun sinergitas dengan aparat penegak hukum terkait. Ditambah dengan Back to Basic dengan kerja yang berdasarkan SOP. “Jika ketiga pesan Dirjen Pemasyatakatan tersebut dan back to basic diterapkan, maka Pemasyarakatan akan jauh lebih Maju,” harapnya.

Setelah memberikan arahan, kadivpas menyempatkan diri untuk cek kebersihan makanan yang akan disajikan. Dia menegur sapa dengan narapidana yang ada di Lapas Jember dengan didampingi Kalapas beserta seluruh pejabat struktural. Ditutup dengan meninjau ruang layanan kunjungan, kadivpas berpesan terhadap keluarga warga binaan agar tetap hati-hati untuk menitipkan barang. Jangan sesekali menyelipkan barang-barang yang sudah dilarang oleh pihak Lapas. “Dan jangan segan segan laporkan pada kami jika ada pelayanan dari petugas kami yang kurang sopan atau kurang berkenan,” tegasnya. (mad/hjr)

#Kanwil Kemenkumham Jatim