Jumat, 19 Agustus 2022

Kadisnakertrans Mewisuda Siswa Siswi PKL di PT Unilever

Diunggah pada : 5 Juli 2022 13:17:44 38
Kadisnakertrans Himawan Estu Bagijo foto bersama jajaran dan Pejabat PT Unilever Indonesia Tbk dan Wisudan

Jatim  Newsroom - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo, mewisuda siswa-siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL ) dari program sinergi antara PT Unilever Indonesia Tbk Rungkut Factory dengan BLK Surabaya Disnakertrans Jatim, Selasa (5/7/2022).

Saat memberikan sambutan, Himawan Estu Bagijo, menyampaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang pekerjaan/industri dewasa ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal tersebut perlu direspons dan diantisipasi secara positif oleh lembaga pendidikan dan pelatihan di Indonesia, yaitu utamanya sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

selanjutnya, kata Himawan, perusahaan dan dunia industri harus dapat memanfaatkan potensinya sebagai sumber pembelajaran untuk mendukung efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi angkatan kerja.

Keunggulan dunia usaha dan dunia industri sebagai sumber pembelajaran, tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan dan pelatihan. Dunia usaha dan industri merupakan sarana dan lingkungan kerja yang senyatanya," ujar Himawan usai prosesi wisuda yang digelar di Kantor BLK Surabaya.

Lebih lanjut, Himawan Estu Bagijo, menjelaskan salah satu program yang dapat mensinergikan antara dunia pendidikan/pelatihan dengan dunia industri/usaha adalah program magang. Program magang adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi dari dunia pendidikan/pelatihan ke dunia kerja.

Sementara itu Kepala UPT BLK Surabaya, Siswanto, mengatakan setelah siswa latihan di BLK Surabaya dan dinyatakan kompeten di bidangnya, maka 3 aspek harus ditingkatkan. Yaitu pengetahuan, skill dan karakter. Dengan demikian siswa perlu diasah di bidang yang nyata di perusahaan. 

Perwakilan PT Inilever Indonesia Tbk, Hengki Harsono Njoto, menyampaikan, wisuda bagi siswa-siswi magang ini adalah bentuk terima kasih dan apresiasi dari PT Unilever Indonesia Tbk Rungkut Factory-red. Ini menunjukkkan dunia usaha sudah membaik, sekaligus wujud komitmen Unilever berkontribusi terhadap pengembangan siswa magang ataupun pekerja di Kota Surabaya dan Provinsi Jatim.

"Harapan dari kami agar dunia usaha lainnya bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan PT Unilever Indonesia Tbk. Siswa-siswa dari BLK Surabaya Disnakertrans Jatim merupakan siswa yang sudah baik dan siap bekerja," terangnya. (her/s) 

#Jawa Timur #disnakertrans