Jumat, 2 Desember 2022

Kadisnakertrans Jatim : Organisasi Berjalan Baik Jika Didukung Tiga Pilar Utama

Diunggah pada : 24 Mei 2022 5:50:04 164
Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu bagijo Foto bersama dengan peserta kegiatan Pengembangan Kapasitas Pejabat fungsional pengantar kerja dan petugas antar kerja tahun 2022, Senin (23/5/2022) malam di Malang.

Jatim Newsroom- Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo mengatakan, organisasi dapat berjalan baik jika didukung tiga pilar utama yakni keberadaan SDM yang baik, sistem penataan organisasi yang baik serta proses yang biasanya dianggap sebagai target capaian organisasi dalam visi dan misi.

Menurut Himawan, harus disadari bahwa berkembang atau tidaknya suatu organisasi dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi, dengan demikian proses peningkatan kapasitas dan pembangunan karakter SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan.

"Dalam proses ini tentu dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik melalui pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi, pembinaan pola karir yang jelas dan outbond atau pola permainan," kata Kadisnakertrans Jatim saat membuka kegiatan Pengembangan Kapasitas Pejabat fungsional pengantar kerja dan petugas antar kerja tahun 2022, Senin (23/5/2022) malam, di Malang 

Pengembangan kapasitas tentu tidak hanya berorientasi pada kemampuan manusia, namun mencakup keseluruhan lingkup organisasi atau sering dikenal dengan dengan sistem manajemen, kebijakan target, strategi pencapaian dan peraturan organisasi. Dengan demikian dapat diisyaratkan adanya tingkat pengembangan kapasitas yang berarti mengembangkan kemampuan dan pengembangan kapasitas yang mengedepankan proses kreatif untuk membangun kapasitas yang belum terlihat.

"Kita di tuntut selalu berinovasi untuk meminimalisir berbagai permasalahan ketenagakerjaan di Jatim, karenanya perlu di dukung penguatan sinergitas antar program / kegiatan dengan tetap memperhatikan fungsi penempatan tenaga kerja. salah satunya mendorong fungsi penempatan tenaga kerja adalah melaksanakan fasilitasi pembinaan dan penempatan tenaga kerja di dalam maupun di luar negeri," ungkapnya.

Dalam proses peningkatan kapasitas ada tiga hal yang perlu diperhatikan antara lain pertama, pengembangan dilakukan terhadap kerangka kerja yang berhubungan dengan pengaturan, kebijakan-kebijakan dan kondisi dasar yang mendukung obyektivitas kebijakan tertentu, maka tingkatan ini perlu dibangun adanya pengaturan sistem yang baik sebagaimana standard operational prosedur (SOP) yang dibuat, kedua, pengembangan dilakukan untuk mengembangkan prosedur dan mekanisme pekerjaan serta membangun hubungan atau jejaring kerja organisasi.

Dalam setiap tahapan harus didukung adanya penguasaan tentang cara-cara berinteraksi dengan orang lain untuk dapat menciptakan jejaring kerja dengan siapa saja, agar mendapatkan respon positif dari organisasi. jika kondisi ini dapat terwujud, maka akan dapat tercipta suasana kerja yang kondusif dan terkuranginya ketegangan atau stres yang memicu menurunnya produktivitas kerja, harus diketahui bahwa kompetensi merupakan satu kesatuan utuh untuk menggambarkan potensi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dimiliki seseorang terkait dengan pekerjaannya untuk dapat diaktualisasikan dalam tindakan nyata.

"Dengan demikian pola kerja pengembangan kapasitas sangat menekankan adanya keterlibatan seluruh komponen organisasi secara kesederajatan dan adanya keterbukaan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi," imbuhnya.

Peran strategis disnaker dan pejabat fungsional sebagai pemenuhan hak dasar dan tugas negara menjamin pekerjaan yang layak selain upaya supporting, peningkatan  skill dan daya saing.Tugas Pemprov dan Kab Kota dibidang penempatan adalah bagaimana dapat menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan meningkatkan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja.

"Melalui kegiatan perlu dilakukan agar sinergitas serta berpikir dan erja out of the box. Penandatangan maklumat, janji layanan dan fakta integritas menjadi titik awal perbaikan dan peningkatan layanan kepada publik. "Pemprov Jatim melalui Disnakertrans ditahun ini fokus mendorong kepedulian terhadap angkatan kerja disabilitas dan peningkatan skill bagi calon pekerja migran Indonesia. (her/hjr)

 

#jatim #disnakertrans #pemprov jatim