Kamis, 25 April 2024

Kadisnakertrans Jatim Buka Pelatihan Di UPT BLK Ponorogo

Diunggah pada : 29 Maret 2023 13:04:11 133
Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo foto bersama dengan peserta Pelatihan dan Pejabat Disnakertrans Jatim

Jatim Newsroom - Kepala Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, membuka Pelatihan Kompetensi  dengan 13 kejuruan di UPT BLK Ponorogo, Selasa (28/3/2023).

Menurut Himawan, pelatihan berbasis kompetensi di era sekarang ini sangatlah penting, karena pasar kerja sekarang ini membutuhkan kompetensi selain pendidikan dasar.

Untuk menghadapi masalah ketenagakerjaan, kata Himawan, pemerintah memprioritaskan terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan vokasi baik skilling, maupun reskilling sehingga dapat meningkatkan kemampuan keterampilan/kompetensi dan produktivitas tenaga kerja. Hal ini seiring dengan kompetitifnya pasar kerja, karena outcame tujuan dari pelatihan adalah dapat bekerja baik di sektor formal maupun informal.

UPT BLK Ponorogo merupakan unit pelaksana teknis bidang pelatihan yang melaksanakan vocational training untuk menjawab tantangan yang ada.

Melalui program link and match antara dunia pelatihan dengan kebutuhan industri. Hal ini untuk memastikan agar kompetensi yang dimiliki SDM Jawa Timur sudah sesuai dengan kebutuhan industri berbasis teknologi digital, seperti halnya revolusi industri 4.0.

Untuk mendukung meningkatkan kompetensi tenaga kerja, perlu dioptimalkan fungsi-fungsi pendukung di antaranya pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan mengacu pada standar kompetensi kerja nasional. Dengan demikian, sasaran pelatihan yang meliputi angkatan kerja, pencari kerja atau penganggur, tenaga kerja ter-PHK, dan setengah penganggur yang akan masuk ke dunia kerja dapat terfasilitasi dengan baik. Mereka mampu mengisi kesempatan kerja yang ada, atau bahkan mampu menciptakan pekerjaan secara mandiri (sebagai job creator) sesuai dengan tagline pemerintah Provinsi Jawa Timur, yaitu optimis Jawa Timur bangkit dan salah satunya adalah bangkit dalam penyediaan lapangan kerja.

Penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi pada dasarnya merupakan salah satu upaya untuk memberi, memperoleh, dan meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Pelatihan ini menitik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan standar yang ditetapkan dan persyaratan di tempat kerja. Namun dii dunia kerja di samping memiliki kompetensi yang tidak kalah penting adalah shofskill yaitu terkait attitude, sikap, watak, behavior. (her/s)

 

 

#disnakertrans