Kamis, 13 Juni 2024

Kadiskominfo Jatim Terima Kunjungan Industri Siswa SMK Bina Nusa Slawi Tegal

Diunggah pada : 23 Mei 2023 14:20:11 372
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita (tengah) saat sesi foto bersama dalam kegiatan kunjungan industri siswa SMK Bina Nusa Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, di Lt. 4 R. Anjasmoro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Selasa (23/5/2023). Foto : Vivin / JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin, menerima kunjungan industri siswa SMK Bina Nusa Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, di Lt. 4, R. Anjasmoro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Selasa (23/5/2023).

Kunjungan industri ini dimaksudkan untuk mengenalkan secara langsung kepada para siswa pembelajaran di luar lingkungan sekolah guna mengembangkan dan menambah wawasan mereka. Siswa SMK Bina Nusa Slawi yang melakukan kunjungan industri adalah siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang berjumlah 119 orang, mereka didampingi sembilan orang guru.

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyampaikan terima kasihnya kepada SMK Bina Nusa Slawi Kabupaten Tegal, karena telah berkenan datang berkunjung ke Dinas Kominfo Jatim.

“Alhamdulillah hari ini Diskominfo Jatim punya tamu siswa SMK Bina Nusa Slawi Kabupaten Tegal, dalam rangka kunjungan industri. Kami menyampaikan terima kasih sudah berkenan rawuh di sini. Suatu kebanggaan buat Dinas Kominfo Jatim bisa menerima 119 siswa yang pada hari ini didampingi sembilan guru,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sherlita menjelaskan, beberapa program kerja Dinas Kominfo Jatim yang diantaranya menangani infrastruktur jaringan, komunikasi maupun informasi publik, Satu Data Jawa Timur (SATA Jatim), keamanan informasi serta persandian.

“Mungkin sedikit berbeda dengan yang dipelajari di sekolah, kalau di Dinas Kominfo Jatim secara faktualnya ya seperti ini, supaya teori ilmunya di sekolah bisa dikembangkan. Saya yakin SMK dengan jurusan teknologi informasi, adalah pilihan yang tepat karena era saat ini tidak bisa lepas dari teknologi informasi,” jelas Sherlita.

Melalui kunjungan industri ke Dinas Kominfo Jatim ini, Sherlita berharap, para siswa SMK Bina Nusa Slawi bisa mendapatkan ilmu dan mengembangkannya sebagai bekal bagi mereka nanti.

“Harapannya semoga mereka pulang dari sini bisa mendapatkan informasi maupun pengalaman yang bisa digunakan para siswa SMK Bina Nusa Slawi nantinya di masa depan. Sehingga mereka bisa punya bayangan bagaimana teknologi informasi khususnya jaringan dipakai oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur,” ucap Sherlita.

Sementara itu, Guru Jurusan TKJ SMK Bina Nusa Slawi, Yuniarti menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Jatim Sherlita, atas sambutannya yang baik.

“Beliau MasyaAllah ramah sekali ya, dan Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa diterima di sini dengan baik. Kami dipersilahkan melakukan kunjungan industri di sini itu sudah sangat luar biasa, banyak hal yang akhirnya kita pelajari. Seperti anak-anak belum tahu tentang data center, ataupun sistem keamanan siber, mereka jadi tahu,” ujarnya.

Yuniarti menerangkan, kunjungan industri ini dilakukan supaya para siswa juga bisa melakukan studi banding. Lantaran sebelumnya, para siswa sudah melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama enam bulan di Dinas Kominfo Kota Slawi.

“Jadi barangkali bisa untuk perbandingan, oh ternyata kalau di Slawi ruang lingkupnya hanya seperti ini, sedangkan untuk yang sekelas provinsi ruang lingkupnya seperti ini. Supaya ilmu yang mereka pelajari semakin berkembang,” terangnya.

Dengan kunjungan industri ini, Yuniarti berharap agar para siswa mendapatkan ilmu sebagai dasar mereka dalam melanjutkan ilmunya nanti, khususnya ilmu di bidang teknologi informasi.

“Dari kunjungan ini, mereka kan jadi tahu ternyata di Diskominfo Jatim sendiri lebih fokus ke jaringan, informasi, data dan siber. Oleh karena itu, semoga dengan ini ilmunya bisa menjadi gerbang atau dasar bagi anak-anak nantinya untuk melanjutkan ilmu mereka khususnya di bidang teknologi informasi,” pungkasnya. (vin/s)

 

#Diskominfo Jatim #Kadis Kominfo Jatim #kunjungan siswa