Jumat, 1 Maret 2024

Kadis Sherlita Tekankan Tiga Hal di Forum Statistisi Diskominfo Jatim

Diunggah pada : 31 Maret 2023 12:21:34 53
Kepala Diskominfo Jatim membuka Forum Statistisi bertajuk "Statistic for Data Analysis", di kantornya, Jumat (31/3/2023). Foto: Sugeng/JNR

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) kembali menggelar Forum Statistisi bertajuk "Statistic for Data Analysis", Jumat (31/3/2023). Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, menggarisbawahi tiga hal yang perlu dimiliki oleh statistisi, yaitu mengasah kepekaan, menguasai digital, dan membangun koneksi atau networking. 

"Kita berbagi tentang bagaimana data disajikan semenarik mungkin dalam waktu yang tepat supaya tidak menjadi sajian yang basi dan tidak menarik lagi. Penguasaan digital juga perlu ditingkatkan," ujar Sherlita saat membuka Forum Statistisi di kantornya. 

Forum ini, lanjut Kepala Diskominfo Jatim, merupakan kesempatan yang baik untuk saling berbagi dan membangun koneksi.

"Statistisi tidak bisa berjalan sendiri karena misalnya untuk urusan peternakan ya dia harus mengerti ilmu peternakan, makanya harus punya teman-teman di Dinas Peternakan. Begitupun mau tahu tentang kehutanan, ya harus punya networking dengan teman-teman di kehutanan," tuturnya. 

Sherlita berharap kegiatan ini bisa menambah semangat, ilmu, dan networking dari para statistisi. "Selamat mengikuti Forum Statistisi. Selamat dan sukses," kata Kadis Sherlita dalam forum yang menghadirkan narasumber Chief Research Officer Narasio Data, Farida dengan topik “Exploratory Data Analyst”. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Statistik, Diskominfo Jatim, Nirmala Dewi menjelaskan, Forum Statistisi ini dirancang sebagai wadah komunikasi antar statistisi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tentunya sebagai bentuk kolaborasi dalam hal pemanfaatan data dan untuk memfasilitasi statistisi agar dapat meningkatkan kemampuan. 

Forum Statistisi ini dilaksanakan setiap triwulan dan diharapkan menghasilkan output yang bermanfaat khususnya bagi statistisi dan Pemprov Jatim, baik dalam bentuk paper, buku analis sektoral, dll. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #forum statistisi