Sabtu, 20 Juli 2024

Kadis Sherlita Jadi Tim Visitasi ADLG Awards 2024 di Jawa Timur

Diunggah pada : 7 Juni 2024 12:15:07 53
Kadis Kominfo Jatim saat menjadi tim visitasi ADLG Awards 2024 ke Sekda Trenggalek, di Trenggalek Smart Center, Jumat (7/6/2024). Foto: Hans/JNR

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin menjadi salah satu tim visitasi Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2024.

ADLG Awards merupakan wujud apresiasi terhadap kepemimpinan (leadership) seorang Sekrataris Daerah (Sekda) berkinerja digital. Khususnya dalam Indeks Digital Leadership dan Indeks Digital Capability Daerah.

Pada ADLG Awards 2024 ini ada 15 sekretaris daerah yang telah dinilai dan terpilih sebagai kandidat finalis ADLG Awards 2024 dan 3 besar tiap kategori (total 9 orang) masuk ke proses visitasi.

Tiga Sekda di Jawa Timur menjadi kandidat finalis yang divisitasi. Untuk kategori Kota, ada Sekda Kota Mojokerto. Kemudian di kategori kabupaten, ada Sekda Kabupaten Gresik dan Sekda Kabupaten Trenggalek.

Hari ini, Jumat (7/6/2024), tim visitasi ADLG Awards 2024 menemui Sekda Kabupaten Trenggalek di Trenggalek Smart Center. Tim juga telah menemui Sekda Kota Mojokerto dan Kabupaten Gresik kemarin Kamis (6/6/2024).

Selain Kadis Sherlita, para visitor yang ditugaskan antara lain Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso; dan Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Dalam Negeri RI, Ucup Hidayat; serta CEO Inixindo Jogja, Andi Yuniantoro.

Kadis Kominfo Jatim, Sherlita menyampaikan selamat atas terpilihnya Sekda Kabupaten Trenggalek sebagai kandidat finalis ADLG Awards 2024 ketegori Kabupaten.

"Selamat dan sukses, kami ikut bangga karena dari 9 kandidat finalis yang terpilih untuk divisitasi, 3 orang dari Jawa Timur. Ini menunjukkan kita semua di Jawa Timur punya komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan transformasi digital. Saya juga meyakini perjalanan SPBE dan transformasi digital tersebut tentu tidak lepas dari ketokohan seorang Sekda," terang Sherlita.

Ia pun menyebut Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu daerah yang diundang dalam SPBE Summit dan Peluncuran GovTech Indonesia di Jakarta pada 27 Mei 2024 lalu.

"Artinya Trenggalek juga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat atas perjalanan SPBE yang sudah dilakukan. Maka kedatangan saya ke sini juga untuk belajar dan berdiskusi guna membawa digitalisasi Jatim ke arah yang lebih baik," katanya.

Kadis Sherlita juga mengajak untuk semakin menguatkan sinergi dan kolaborasi dalam mengintegrasikan portal layanan publik yang sudah berjalan di Trenggalek dengan portal yang ada di Provinsi Jatim," jelasnya.

Tak lupa, Ia juga menggarisbawahi tentang mekanisme clearance belanja teknologi informasi dan komunikasi (TIK). "Jadi mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasinya, belanja TIK perlu disusun dengan baik," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Eddy Santoso menerangkan tim visitasi ini ditugaskan untuk melihat kesesuaian data input dan fakta di lapangan. 

"Kami berharap para Sekda yang terpilih ini bisa menularkan semangat kepada para Sekda lain dalam mengawal transformasi digital," kata Eddy. (idc/hjr)



Tim visitasi ADLG Awards 2024 ke Sekda Trenggalek, di Trenggalek Smart Center, Jumat (7/6/2024). Foto: Hans/JNR

#digitalisasi #SPBE #Kabupaten Trenggalek #ADLG Awards

Berita Terkait

Forum Kolaborasi SPBE Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Pj. Sekdaprov Jatim : Koordinasi Harus D...
15 Juli 2024
thumb
Paparkan Kinerja Digital ke Dewan Juri
Tiga Sekda di Jatim Jadi Finalis ADLG Aw...
27 Juni 2024
thumb