Jumat, 29 Maret 2024

Kadis Pendidikan Jatim Buka Pameran INDIST2K22 SMKN 12 Surabaya

Diunggah pada : 20 Mei 2022 4:30:30 304
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi, (baju putih) didampingi Kepala SMKN 12 Surabaya, Biwara Sakti Pracihara, berkeliling melihat hasil karya siswa yang dipamerkan.

Jatim Newsroom - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12 Surabaya sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Seni terbesar di Jawa Timur kembali menggelar pameran tugas akhir yang berjudul INDIST2K22 di Maspion Square Atrium IT lantai I Surabaya, 19 - 21 Mei 2022.

Pameran dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/5/2022), dalam sambutannya ia sangat mengapresiasi pameran seni dan teknologi yang dilaksanakan oleh SMKN 12 Surabaya sebagai event tahunan.

"SMKN 12 Surabaya adalah satu-satunya SMK di Jawa Timur yang bidang studinya seni dan budaya, dan ternyata generasi millenial yang ingin mendalami seni dan budaya di sekolah ini sangat banyak dimana jumlah siswanya saat ini mencapai 2.249 siswa", terang Wahid.

Lanjut Wahid, yang membanggakan dari SMKN 12 Surabaya adalah pertama, lulusannya 40 persen diterima di perguruan tinggi negeri. Yang kedua, SMKN 12 juga bekerja sama dengan 149 perusahaan.

"Apabila siswanya ingin magang maka perusahaan yang bekerja sama akan menampungnya, jika siswanya ingin bekerja, maka perusahaan-perusahaan yang bekerja sama akan memprioritaskan alumni SMK tersebut", papar Wahid.

"Pameran ini adalah bagian dari mem-branding sekolah supaya masyarakat tahu bahwa karya para siswa SMK tersebut kompetensi keahliannya luar biasa, oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat bahwa SMK ini adalah alternatif pilihan selain SMA", terangnya.

Sementara itu, Humas SMKN 12 Surabaya, Angky Patria Ruswinda,  menjelaskan, INDIST merupakan acara yang setiap tahun diadakan oleh SMK Negeri 12 Surabaya untuk memamerkan berbagai karya seni dan design yang dikerjakan oleh siswa kelas XII sebagai Tugas Akhir. 

"Sesuai dengan arti dari INDIST (Interactive in Art and Technology), dimana para siswa SMK Negeri 12 Surabaya secara aktif dan interaktif melestarikan budaya secara bersama serta selaras dengan perkembangan zaman" ujar Angky.

Dijelaskan, karya seni dan desain yang ditampilkan pada INDIST merupakan karya-karya dari 15 jurusan, seperti Seni Pertunjukan (seni tari, seni karawitan, seni pedalangan, seni musik dan teater), Kriya (kriya batik dan tekstil, kriya logam dan perhiasan, kriya kayu dan logam serta kriya kulit dan imitasi), Seni Lukis, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior dan Teknik Furnitur, Animasi, Multimedia serta Produksi Film.

"Pameran INDIST 2K22 terdapat 10 stand karya masing-masing jurusan terpajang di sekitaran lantai 1 Maspion Square yang terbuka untuk umum. Jurusan yang menampilkan karyanya pada stand jurusan terdiri dari Seni Lukis, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kulit dan Imitasi, Animasi, Produksi Film, Multimedia, Kriya Kayu dan Rotan, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior dan Teknik Furnitur, serta Kriya Kreatif Logam dan Imitasi", papar Angky.

Lanjut Angky, selama pelaksanaan pameran, INDIST juga dimeriahkan oleh penampilan apik dan bermutu dari jurusan pertunjukan yaitu Seni Tari, Seni Musik, Seni Karawitan, Seni Pedalangan dan Teater.

Ditambahkan, panitia pameran INDIST dibentuk dari siswa-siswi15 jurusan sebagai organisasi di dalam sekolah yang berkewajiban mengatur dan mewujudkan terselenggaranya acara pameran INDIST2K22. Diharapkan kolaborasi seni dan teknologi saat ini, kesenian dan kebudayaan lokal semakin cepat dinikmati dan diapresiasi oleh seluruh masyarakat di belahan bumi manapun.

"Acara ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta di bidang seni dan teknologi , meningkatkan kemampuan untuk mengapresiasi sebuah karya, dan sebagai sarana untuk mengembangkan talenta siswa–siswi SMKN 12 Surabaya", tutup Angky.

Pembukaan pameran ini selain dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, DR. Ir. Wahid Wahyudi, MT., juga dihadiri oleh Wakil Walikota Surabaya, Ir. H. Armuji, M.H., Presiden Direktur Maspion Group, DR. Alim Markus, Direktur Maspion Group, Ailen Utami Dewi juga beberapa jajaran direksi Maspion Square, serta 15 pimpinan industri yang telah bekerjasama dengan jurusan-jurusan di SMKN 12 Surabaya. (pno)

#INDIST2K22 SMKN 12 SURABAYA

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait