Jumat, 29 Maret 2024

Kadis Kominfo Jatim Tekankan Pentingnya Peran Pemerintah Bangun Ekosistem Digital

Diunggah pada : 25 Mei 2023 20:46:53 135
Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin menjadi salah satu narasumber di Jatim Media Summit 2023, di Surabaya, Kamis (25/5/2023). Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin, menyampaikan peran pemerintah dalam membangun ekosistem digital di Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan saat menjadi pembicara di hari kedua gelaran Jatim Media Summit 2023, di Surabaya, Kamis (25/5/2023). 

Sherlita menerangkan potensi pembangunan ekosistem digital di Jawa Timur. Mulai dari SMK multimedia di Jatim, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Kampus Shopee Malang, Milenial Job Center (MJC), Relawan TIK dan Pandu Digital, hingga Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). 

Ia pun mengatakan berdasarkan data Kementerian Kominfo RI, indeks literasi digital nasional di tahun 2022 adalah sebesar 3,54. Sementara itu, indeks literasi digital Jawa Timur di tahun 2022 sebesar 3,58. Angka ini meningkat dari tahun 2021 yaitu 3,55. 

“Adapun data Indeks Masyarakat Digital Jatim sebesar 39,42. Capaian Jawa Timur ini berada di atas IMDI Nasional yang sebesar 37,80. Kemudian untuk data competitiveness index, berdasarkan data East Ventures Digital Competitive Index, Jawa Timur peringkat 4 nasional dengan skor 54,1. Ini meningkat dari tahun sebelumnya, peringkat 5 nasional dengan skor 45,6,” paparnya. 

Dalam kesempatan ini, Kadis Sherlita juga menjelaskan IKI sebagai jawaban Jawa Timur menghadapi tantangan masa depan, yaitu Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi. Inisiatif, kata dia, akan tumbuh jika ada kesadaran yang tidak hanya fisik atau pengetahuan, tetapi juga kesadaran hati nurani terhadap suatu masalah, disertai niat melakukan tindakan nyata. 

Kemudian kolaborasi, lanjut Sherlita, akan tumbuh jika ada kesadaran bahwa tidak ada sukses tunggal dan semua elemen memiliki potensi untuk disatukan dalam ikhtiar bersama yang akan menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. 

“Sementara inovasi akan tumbuh jika ada keterbukaan pikiran terhadap hal baru disertai langkah identifikasi terhadap peluang cara atau pendekatan baru dalam menyelesaikan masalah,” terang Sherlita. 

Sebagai informasi, sebanyak lebih kurang 100 pemimpin media lokal di Jawa Timur akan berdiskusi bersama sekitar 100 stakeholder mulai dari pemerintahan, swasta, agensi iklan, lembaga donor, dll, dalam rangkaian acara yang terdiri dari conference (diskusi panel), workshop, talkshow, coaching clinic, hingga sesi networking. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada tanggal 24-25 Mei 2023. 

Kegiatan ini diinisiasi beritajatim.com bersama suara.com dengan dukungan International Media Support (IMS). Hadir dalam acara ini antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin; CEO beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto; CEO suara.com, Suwarjono; dan Perwakilan IMS Indonesia, Eva Danayanti. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #Jatim Media Summit 2023 #eksosistem digital